Breaking News:

Berita Kabupaten Kupang

Semangat Luar Biasa, SMK PP Negeri Kupang Tetap Produktif Laksanakan Praktik Kerja Lapang

dilaksanakan secara daring. Selain bimbingan secara daring, guru pembimbing juga melaksanakan kunjungan langsung atau monitoring

Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Para siswa SMK PP Negeri Kupang tetap produktif menjalankan Praktik Kerja Lapang (PKL). 

Semangat Luar Biasa, SMK PP Negeri Kupang Tetap Produktif Laksanakan Praktik Kerja Lapang

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Semangat para siswa SMK PP Negeri Kupang sangat luar biasa. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan di bawah naungan Kementerian Pertanian (Kementan) itu tetap produktif menjalankan Praktik Kerja Lapang (PKL).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan pendidikan vokasi harus menyiapkan SDM berkualitas.

"Sekolah vokasi harus menjadi yang terdepan untuk mencetak SDM-SDM handal sektor pertanian," katanya.

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan PKL memiliki peran terhadap peningkatan kompetensi siswa.

"Siswa-siswi di Polbangtan, PEPI maupun SMK-PP merupakan generasi penerus petani. Kualitas petani milenial ini menentukan kualitas pembangunan pertanian,” ungkapnya.

Baca juga: Pencuri Sapi di Kabupaten Kupang Segera Diadili 

Salah seorang siswi SMK PP Negeri Kupang yang mengikuti PKL, Vidalia, siswi jurusan Perawatan Kesehatan Hewan yang berasal dari Kabupaten Belu, melakukan praktik pengobatan ternak kambing yang terserang scabies.

Scabies merupakan penyakit kulit dan disebabkan oleh parasit. Dengan bimbingan dari guru pembimbing, Vidalia melakukan pengobatan dengan menggunakan alat dan bahan yang mudah ditemukan namun efektif.

Sementara itu, Gebil dari jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura melakukan budidaya pepaya California. Dalam kurun waktu 2 bulan, pohon pepaya yang ditanam Gebil sudah berhasil tumbuh.

Hal itu tidak luput dari bimbingan dari guru yang selama ini dilaksanakan secara daring. Selain bimbingan secara daring, guru pembimbing juga melaksanakan kunjungan langsung atau monitoring.

Hal itu yang dilakukan Pedro D. S. Martins, Rabu 22 September 2021, yang  datang langsung ke rumah Gebil, di Desa Bipolo Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang.

Baca juga: Winston Neil Rondo : DPC Partai Demokrat Kabupaten Kupang Sudah Bulat Dukung Jeriko

"Monitoring itu bertujuan mengetahui perkembangan  kegiatan siswa selama masa PKL, memberikan bimbingan ketika ada masalah pada kegiatan, serta melakukan pembimbingan pada penulisan laporan PKL," ungkap Pedro.

Yuseffa Amilia, selaku Ketua Panitia Pelaksanaan PKL, menyatakan selain tujuan tersebut, monitoring PKL memberikan motivasi  belajar kepada siswa.

“Tidak dipungkiri pembelajaran daring tidak bisa menggantikan pembelajaran tatap muka. Monitoring ini diharapkan dapat menambah motivasi belajar siswa,” kata Yuseffa.(*)

Berita Kabupaten Kupang Terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved