Breaking News:

Berita NTT Lainnya

Dinas PMD NTT Tingkatkan Kualitas Desa 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi NTT mempunyai memprogram berbagai hal untuk meningkatkan kualitas desa dari berbagai sektor

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/IRFAN HOI
Kepala Dinas PMD NTT, Viktor Manek 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM | KUPANG-  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi NTT mempunyai memprogram berbagai hal untuk meningkatkan kualitas desa dari berbagai sektor terutama ekonomi.

Viktor Manek selaku Kepala DPMD NTT,  mengatakan, untuk tahun 2021 program ke desa dilakukan dalam empat bidang yaitu kelembagaan dan pengembangan partisipasi masyarakat (KPPM) yang menangani lembaga adat, posyandu dan desa model.

Bidang pemerintahan desa seperti pemekaran dan pembinaan desa termasuk di dalamnya soal pilkades lalu bidang PUEM atau pemberdayaan usaha ekonomi masyarakat seperti bumdes dan identifikasi potensi desa.

"Lalu bidang sarana prasarana yang mana juga tahun ini TTG (Teknologi Tepat Guna) dikembangkan seperti di Balai Pelatihan TTG Noelbaki yaitu memanfaatkan mesin perontok padi yang hanya membutuhkan 4 tenaga manusia dari sebelumnya 6 tenaga manusia," katanya Rabu 22 September 2021.

Baca juga: Hay Drink Berbahan Kelor Dilaunching di Kota Kupang

Dia menjelaskan,  pada 2 September 2021 lalu, Dinas PMD Provinsi NTT, melakukan perjanjian kerja sama antara dengan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kupang terkait ini.

Ia menyebut akan memproduksi mesin pencacah, penepungan batang jagung dan sorgum.

"Alat-alat ini bisa kita produksi untuk hibah ke bumdes dan bisa diproduksi untuk dibeli masyarakat umum dengan kualitas lebih baik tentu dengan harga murah," tambahnya.

Sementara terkait pemekaran desa ada desa-desa di kabupaten Sikka dan Ngada yang mau didorong ke Menteri Dalam Negeri untuk mendapatkan kode wilayah. Setelah itu apabila kode wilayah didapatkan maka ditindaklanjuti dengan Perda dari bupati masing-masing.

Selain itu terkait bumdes didorong untuk dioptimalkan menjadi BUMDes Smart yang dibuat BAKTI Kominfo.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved