Breaking News:

Berita Kota Kupang

Dr. Agus Sunata: Jaga Antibodi, Ibu Hamil Jangan Takut Divaksin Covid-19

Para ibu hamil di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang usia kandungannya di atas 13 minggu, jangan takut untuk divaksinasi Covid-19.

Penulis: Apolonia M Dhiu | Editor: Apolonia Matilde
Apolonia M Dhiu
Spesialis Kandungan, dr. Agus Sunatha, SpOG, Kfer. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Apolonia Matilde Dhiu

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Para ibu hamil di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang usia kandungannya di atas 13 minggu, jangan takut untuk divaksinasi Covid-19.

Hal tersebut dilakukan agar bisa menjaga antobodi atau kekebalan ibu dan bayi dalam kandungan.

Vaksinasi Covid-19 ini sesuai dengan edaran Kemenkes dan rekoemendasi dari dokter kandungan bahhwa ibu hamil yang usia kandungannya diatas 13 minggu bisa divaksinasi Covid-19

Spesialis kandungan, dr. Agus Sunatha, SpOG, Kfer, yang ditemui POS-KUPANG.COM beberapa waktu lalu di Kupang di sela-sela kegiatan vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil di halaman sekretariat PKK Provinsi NTT

Menurutnya, ibu hamil yang ingin divaksin, sebelumnya dilakukan screening lebih dulu, seperti yang lainnya, apakah ada penyakit penyerta, misalnya hipertensi, atau alergi obat dan harus sehat, tidak boleh sesak napas," ujarnya.

Baca juga: Wakil Walikota Kupang Minta Sekolah Perketat Prokes Selama Tatap Muka Terbatas

Menurutnya, ibu hamil yang menderita diabetes juga bisa divaksin apabila gula darahnya terkontrol dan ibu hamil yang kegemukan juga bisa divaksin. "Yang penting tidak deman atau sesak napas," ungkapnya

Menurutnya, target ibu hamil yang divaksin dalam kegiatan vaksinasi yang diinisiasi Ketua PKK Provinsi NTT di gedung PKK yakni 5000 ibu hamil.

Data jumlah ibu hamil di seluruh NTT sebanyak 150 ribu ibu hamil, karena itu dia berharap agar ibu hamil yang bisa mendapatkan vaksinasi bisa datang untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Setelah divaksinasi lanjutnya, ibu hamil ke puskesmas dan disana mereka akan dipantau.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved