Breaking News:

Berita Manggarai

Launching Program TEKAD, Bupati Hery Sampaikan Ini

Bupati Manggarai, Herybertus G L Nabit, SE., MA, membuka kegiatan launching Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) tingkat Kabupaten

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA 
Foto bersama dalam kegiatan Launching Program TEKAD. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | RUTENG---Bupati Manggarai, Herybertus G L Nabit, SE., MA, membuka kegiatan launching Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) tingkat Kabupaten Manggarai.

Kegiatan ini bertempat di Aula Hotel Revayah Ruteng, Kamis 17 September 2021 kemarin.

Kegiatan Start Up Program TEKAD ini merupakan tahap awal dan komitmen bersama Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan desa untuk bersama membangun masyarakat di wilayah timur Indonesia serta mengurangi ketimpangan dan kesenjangan sosial yang berdampak pada stabilitas dan pembangunan jangka panjang. 

"Program ini bertujuan memberdayakan masyarakat desa untuk dapat berkontribusi dalam mentransformasi pedesaan,"jelas Bupati Hery dalam sambutanya berdasarkan rilis yang diterima POS-KUPANG.COM dari Kabag Prokopim Setda Manggarai, Lody Moa, Jumat 18 September 2021.

Program ini, lanjutnya, juga bertujuan agar rumah tangga di pedesaan  memperoleh pendapatan yang stabil dan memadai dari pengembangan produksi berbasis komoditi. 

Ditambahkan Bupati Hery, sejalan dengan tema pembangunan Kabupaten Manggarai yakni meningkatkan infrastruktur dan memajukan produktivitas masyarakat di berbagai sektor. 

"Saya kira kita akan berjalan ke arah yang sama bagaimana supaya produktivitas di berbagai sektor bisa meningkat melalui pemanfaatan komoditi. Pendapatan yang stabil itu juga supaya masyarakat dapat mengembangkan mata pencaharian dan memperoleh keuntungan melalui pengelolaan tata kelola pemerintahan desa,"tambahnya. 

Di sisi lain, Program TEKAD juga mengembangkan strategi kesetaraan gender dan inklusi sosial untuk memastikan bahwa kelompok-kelompok yang selama ini terpinggirkan boleh mendapat manfaat dari proses pembangunan. 

Bupati Hery berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai dapat bersinergi dan mensinkronkan program ini bukan hanya dengan RPJMD Kabupaten Manggarai tetapi juga dengan RPJMD Propinsi NTT dan RPJMN Pemerintah Pusat. 

"Agar secara cepat dan tepat dapat menyusun langkah-langkah strategis sekaligus teknis yang dianggap perlu dalam rangka mengakselerasi dan mengimplementasi Program TEKAD pada 20 desa yang tersebar di 5 kecamatan,"tegasnya.(*)

 
 Berita Ruteng Lainnya:

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved