Breaking News:

Berita Kota Kupang

Bea Cukai Kupang Ekspor Curah Bahan Bakar Avtur ke Dili

Kantor Bea Cukai Kupang ekspor barang curah Bahan Bakar Jet atau Avtur ( Aviation Turbine Fuel) tujuan Dili, Negara Timor Leste

Penulis: Paul Burin | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
AVTUR - Bahan bakar avtur yang dikirim ke Dili, Negara Timor Leste. 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Paul Burin

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Kantor Bea Cukai Kupang secara rutin melakukan pelayanan ekspor barang curah Bahan Bakar Jet atau Avtur ( Aviation Turbine Fuel) tujuan Dili, Negara Timor Leste.

Demikian rilis Kantor Bea dan Cukai Kupang yang diterima POS-KUPANG.COM, Selasa, 14 September 2021.

Sejak awal tahun hingga akhir Agustus ini, demikian rilis itu telah dilakukan ekspor sebanyak 30 kali kegiatan dengan berat netto sebesar 837 ton bahan bakar oleh PT Pertamina Cabang Kupang, NTT.

Pengajuan ekspor bahan bakar ini sedikit berbeda dengan ekspor pada umumnya. Karena berbentuk curah, eksportir terlebih dahulu mengajukan permohonan pemuatan ekspor barang curah sesuai dengan format pelayanan ekspor kepada Kepala Kantor Pabean pemuatan dengan dilampiri shipping instruction/shipping order.

Baca juga: Bea Cukai Kupang dan Atambua  Berkunjung ke Ombudsman RI

Permohonan pemuatan ekspor barang curah tersebut juga berfungsi sebagai dokumen permohonan pemuatan di luar kawasan pabean karena di Kupang masih belum ada Kawasan Pabean.

Kepala Kantor Pabean akan melakukan penelitian terhadap permohonan dan dokumen yang dilampirkan. Apabila ditolak, permohonan akan dikembalikan ke eksportir serta alasan penolakan.

Bila disetujui, kepala kantor akan memberikan catatan persetujuan, menyerahkan permohonan dan menunjuk petugas dinas luar untuk mengawasi pemuatan barang ekspor tersebut.

Setelah proses tersebut, eksportir wajib menyiapkan PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang) dan menyampaikannya ke kantor pabean pemuatan, dalam hal ini Bea Cukai Kupang.

Baca juga: Bea Cukai Kupang Clearance Out  Kapal Curah BBM yang Hendak Keluar dari Wilayah Indonesia

Tata cara pengajuan ekspor barang curah tersebut sesuai dengan Peraturan Dirjen Bea dan Cukai Nomor PER-7/BC/2019 j.o PER/32/BC/2014 tentang Tata Laksana Kepabeanan di Bidang Ekspor. Pelayanan dan pengawasan Bea Cukai atas barang ekspor untuk melindungi ketersediaan pasokan dalam negeri dan menjamin kepastian hukum bagi para eksportir. (*)

Baca Berita Kota Kupang Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved