Breaking News:

Berita Kota Kupang

Bea Cukai Kupang Clearance Out  Kapal Curah BBM yang Hendak Keluar dari Wilayah Indonesia

kelengkapan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan dan wajib dipenuhi oleh setiap kapal yang masuk atau keluar

Penulis: Paul Burin | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Petugas dari Kantor Bea dan Cukai Kupang  melakukan clearance out terhadap  Kapal  Longhung 5 yang siap menuju ke Singapura, Selasa, 24 Juli 2021. 

Bea Cukai Kupang Clearance Out  Kapal Curah BBM yang Hendak Keluar dari Wilayah Indonesia

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Paul Burin

POS-KUPANG.COM, KUPANG -  Kantor Bea dan Cukai Kupang  melaksanakan kegiatan pelayanan dan pengawasan (clearance out)  terhadap kapal curah  bahan bakar minyak (BBM)  yang hendak keluar dari wilayah Indonesia (Kupang) menuju Singapura, Sabtu, 24 Juli 2021.

Clearance out itu dilakukan terhadap Kapal Longhung 5 Panama dengan bendera Vietnam ini.

Kapal asing ini  tiba pada hari Kamis, 22 Juli 2021.

Kegiatan yang dilakukan kapal ini,  yakni   membongkar  BBM untuk  memenuhi kebutuhan Kapal Listrik Apung Karadeniz Powership Gokhan Bey di Pelabuhan Bolok Kupang sebagai pemasok sumber  daya listrik di wilayah NTT. 

Baca juga: Lima Titik Pintu Keluar Masuk Wilayah Kota Kupang Bakal di Jaga Ketat 

Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Kantor Bea Cukai Kupang, Abdi Yantono mengatakan hal ini dalam  rilis yang diterima, Selasa, 27 Juli 2021.

Abdi menyebut bahwa Kantor Bea Cukai  Kupang sebagai instansi yang bertugas memberikan pelayanan terhadap arus barang impor, selalu berupaya dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik khususnya dalam mendukung kelancaran kegiatan pelayanan terhadap Kapal Longhung 5 Panama.

Intinya,  kata dia untuk   menjamin ketersediaan pasokan listrik sekaligus   tetap mengedepankan fungsi pengawasan terhadap lalu lintas barang yang keluar atau masuk wilayah pabean Indonesia melalui kegiatan pemeriksaan sarana pengangkut.

Selain itu,  katanya,  Bea Cukai Kupang tetap menjalankan fungsi administratif dalam membantu pelaksanaan kegiatan sesuai prosedur berupa memastikan kelengkapan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan dan wajib dipenuhi oleh setiap kapal yang masuk atau keluar.

" Termasuk Kapal Longhung 5 ini ketika akan keluar dari Indonesia (Kupang) menuju luar daerah Pabean," kata Abdi. 

Baca juga: DPRD Kota Kupang Dukung Penerapan PPKM Level Empat

Kata Abdi, semua pelaksanaan clearance  out kapal berjalan lancar dengan memerhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dengan tetap memakai masker, sarung tangan dan kelengkapan pengamanan diri lainnya. (*)

Berita Kota Kupang terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved