Berita Malaka

Pemkab Malaka Segera Hadirkan Traffic Light di Tiga Titik

Pemerintah Kabupaten Malaka ( Pemkab Malaka) siap "mempercantik wajah" Betun, Ibu kota Malaka

Penulis: Edy Hayong | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/EDI HAYONG
Kepala Dinas Perhubungan Malaka, Ferdinand Un Muti, M.Si 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM, BETUN-Pemerintah Kabupaten Malaka ( Pemkab Malaka) dibawa pemerintahan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H,MH dan Wabup, Louise Lucky Taolin atau Kim Taolin dalam tahun 2021 ini siap "mempercantik wajah" Betun, Ibu kota Malaka.

Selain memasang lampu jalan di jalur jalan utama dari Webua sampai jembatan Benenai juga segera dipasang traffic light di tiga titik yakni perempatan Polsek Malaka Tengah, perempatan Kantor camat Malaka Tengah dan perempatan Pasar Beabuk.

Kepala Dinas Perhubungan Malaka, Ferdinand Un Muti menyampaikan hal ini kepada Pos-Kupang di ruang kerjanya, Jumat 10 September 2021.

Dijelaskan Ferdinand, dalam program 100 hari kerja bupati dan wabup Malaka, program yang jadi skala prioritas adalah penataan Kota Betun. Saat ini dalam rencana dilakukan pemasangan lampu jalan juga pemasangan traffic light, pembuatan rambu lalulintas dan rambu penunjuk arah.

Baca juga: Pemkab Malaka Siap Gelar Pelaksanaan CPNSD, Peserta akan Dirapid Secara Gratis

"Melalui Dinas Perhubungan kita sudah bahas dalam rapat bersama DPRD ada pergeseran APBD 2021. Untuk pemasangan traffic light direncanakan di tiga titik yakni perempatan Polsek Malaka Tengah, perempatan Kantor camat Malaka Tengah dan perempatan Pasar Beabuk," kata Ferdi.

Dikatakannya, sejak tanggal 27 Agustus 2021 pihaknya sudah memasukan dokumen dan sedang memasuki pengumuman lelang pekerjaan fisik. Berkas penayangan lelang dalam agenda selama 18 hari dan diharapkan pekerjaan fisik mulai dilakukan.

"Diperkirakan Oktober sudah bisa dipasang. Kalau sekarang rambu lalulintas dan rambu penunjuk arah sedang dalam pengerjaan. Intinya fisik traffic light sudah siap kita tinggal tanam saja di tiga titik tersebut," jelasnya.

Berkenaan dengan pemasangan traffic light ini, lanjut Ferdi, karena jalur jalan tersebut merupakan jalan Negara maka pihaknya telah mengajukan izin melalui Dinas Perhubungan NTT.

Baca juga: Pemkab Malaka Anggarkan Rp 2 Miliar untuk Lampu Jalan di Kota Betun

Ditanya alasan pemasangan traffic light, Ferdi membeberkan bahwa ini berdasarkan pertimbangan tren peningkatan kendaraan di Malaka khususnya Betun. Dari hasil survei terutama di titik parkiran kendaraan cukup banyak terutama di Pasar Beabuk.

Dalam survei itu, katanya, dilihat arus kendaraan setiap hari selama 11 jam. Sesuai ketentuan pada setiap pertigaan dan perempatan rata-rata sejam kendaraan yang melintas 750 kendaraan. Tapi di Betun khususnya Pasar Beabuk dalam sejam kendaraan yang melintas sekitar 1.100-1.900 dan ini cukup tinggi.

"Kalau di perempatan Kantor Camat Malaka Tengah itu dalam sejam kendaraan yang melintas 2.000 unit terutama setiap hari Rabu sangat padat. Kita survei biasanya dari Pukul 07.00 Wita-Pukul 18.00 Wita. Kalau hari Sabtu juga padat terutama di depan Polsek Malaka Tengah bisa sampai 3.000 kendaraan," kata Ferdi.

Dirinya menambahkan, pihaknya juga sudah mengeluarkan surat kepada pemilik kendaraan sekaligus sosialisasi bahwa akan dipasang traffic light sehingga di area lampu tidak boleh ada parkir kendaraan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka di masa kepemimpinan Bupati, Dr. Simon Nahak, S.H,MH dan Wabup, Louise Lucky Taolin atau Kim Taolin telah mencanangkan program pemasangan lampu jalan di Betun, Ibu kota Kabupaten Malaka.

Dalam tahun 2021 ini, Pemkab Malaka mengalokasikan dana Rp 2 Miliar untuk penataan lampu jalan mulai dari Cabang Welaus, Webua sampai di kawasan Jembatan Benenai. Total mata lampu yang direncanakan sekitar 215 titik dan dipastikan pada Desember 2021 Kota Betun sudah terang benderang.

Sekertaris Daerah Malaka, Donatus Bere, kepada Pos-Kupang di ruang kerjanya, Jumat 10 September 2021 mengungkapkan, terkait dengan lampu jalan seperti yang sudah disampaikan bupati dan wabup Malaka, maka saat ini alokasi anggaran sudah disiapkan. Pada rapat perubahan APBD Malaka 2021 sudah dialokasikan dana Rp 2 Miliar yang nantinya untuk pengadaan lampu jalan sepanjang jalur dari Cabang Welaus dekat area Kantor Bupati Malaka sampai di Jembatan Benenai.(*)

Baca Berita Malaka Lainnya

Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved