Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Minggu 12 September 2021: Siapakah Mesias?

Cinta akan seorang pribadi mulai bertumbuh saat kita mengenal seseorang. Dan cinta itu akan masih diuji saat kita benar-benar mengenal pribadi tsb.

Editor: Agustinus Sape
Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik Minggu 12 September 2021: Siapakah Mesias? (Mrk 8:27-35)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Cinta akan seorang pribadi akan mulai bertumbuh saat kita mengenal seseorang. Dan cinta itu akan masih diuji saat kita benar-benar mengenal pribadi tersebut.

Misalnya dalam sebuah perkawinan, cinta itu muncul saat masa pacaran. Namun cinta yang sebenarnya akan muncul saat keduanya itu saling mengenal satu sama lain.

Hari ini Yesus dengan menarik ingin mengetahui apa kata orang tentang diri-Nya. Kepada para murid Yesus bertanya, "Siapakah Aku di mata orang-orang?"

Yesus rupanya ingin tahu lebih dahulu dari orang-orang lain sebelum dari para murid. Jawaban mereka itu bervariasi. Ada yang mengatakan para nabi, Yohanes Pembaptis.

Dan kemudian, Yesus ingin mengetahui jawaban dari para murid yang mengikuti-Nya. Petrus, sebagai wakil para murid dengan gagah berani mengatakan, "Engkau adalah Mesias."

Tampaknya jawaban Rasul Petrus ini benar. Tetapi kebenaran ini akan diuji saat Yesus ingin mengetahui pikiran Petrus. Apakah gambaran Mesias di mata Petrus sama dengan yang dihidupi oleh Yesus?

Baca juga: Renungan Harian Katolik Minggu 12 September 2021: Menyangkal Diri dan Memikul Salib

Yesus lalu menjelaskan bahwa Mesias itu adalah orang yang datang ke dunia. Putra Allah yang rela lahir sebagai manusia, hidup dan kemudian menderita, disalibkan dan wafat, kemudian bangkit pada hari yang ketiga. Dengan kata lain, Yesus adalah jalan penderitaan menuju kepada keselamatan.

Oleh karena itu, siapa pun yang mau mengikuti Yesus mesti memeluk jalan ini. Yesus menjelaskan dengan rinci kriteria untuk mengikuti Dia antara lain:

  • Menyangkal diri
  • Memikul Salib
  • Mengikuti Dia

Jalan Yesus adalah jalan kita semuanya. Kita mesti siap selalu berjalan di jalan Yesus ini.

Siapakah Yesus di mata saya? Selamat hari Minggu. Dalam Yesus kita bersaudara. Tuhan memberkati. Salam.*

Teks Lengkap Bacaan 12 September 2021:

Ilustrasi bacaan renungan harian Katolik dari Alkitab.
Ilustrasi bacaan renungan harian Katolik dari Alkitab. (POS-KUPANG.COM/AGUSTINUS SAPE)

Bacaan I : Yesaya 50:5-9a

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved