Breaking News:

Timor Leste

Timor Leste Sampaikan Belasungkawa atas Meninggalnya Mantan Presiden Portugal, Jorge Sampaio

Pemerintah Timor Leste  menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya mantan Presiden Portugal Jorge Sampaio, Jumat 10 September 2021.

Editor: Agustinus Sape
Facebook/Carlos Moedas
Mantan Presiden Portugal Jorge Sampaio meninggal di Lisbon, Jumat 10 September 2021. 

Timor Leste Sampaikan Belasungkawa atas Meninggalnya Mantan Presiden Portugal, Jorge Sampaio

POS-KUPANG.COM - Pemerintah Timor Leste  menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya mantan Presiden Portugal Jorge Sampaio, Jumat 10 September 2021.

Hal itu disampaikan Pemerintah Timor Leste melalui website resmi timor-leste.gov.tl dalam bahasa Portugis dengan judul Voto de Pesar pela morte de Jorge Sampaio, um amigo de Timor-Leste - Presidência do Conselho de Ministros (Ucapan Belasungkawa atas kematian Jorge Sampaio, seorang sahabat Timor Leste - Kepresidenan Dewan Menteri)

"Pemerintah Timor Leste, atas nama seluruh bangsa, menyampaikan penyesalan yang mendalam atas meninggalnya mantan Presiden Portugal, Jorge Sampaio, yang selama mandatnya di Belém dia selalu memperjuangkan hak Timor Leste untuk menentukan nasib sendiri secara bebas dan demokratis," demikian Pemerintah Timor Leste mengawali ucapannya.

Untuk diketahui, Mantan Presiden Portugal itu meninggal Jumat 10 September 2021, dalam usia 81 tahun, di rumah sakit Santa Cruz, Lisbon, tempat ia dirawat sejak 27 Agustus 2021, setelah mengalami gangguan pernapasan.

Terkait dengan politik, sejak menjadi mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Lisbon, ia memimpin Partai Sosialis dan terpilih sebagai walikota Lisbon pada tahun 1989.

Pada tahun 1996 ia terpilih sebagai Presiden Republik Portugal, posisi yang dipegangnya hingga Maret 2006.

Ia diangkat pada tahun 2006 oleh Sekretaris Jenderal Utusan Khusus PBB untuk Memerangi Tuberkulosis. Antara 2007 dan 2013 ia adalah perwakilan senior PBB untuk Aliansi Peradaban.

"Pada tahun 2016, Jorge Sampaio menerima penghargaan tertinggi Negara Timor Leste, Kalung Agung Ordo Timor Leste, sebagai pengakuan atas “solidaritas dan dukungan aktifnya” dalam perjuangan kemerdekaan negara kita," kata Pemerintah Timor Leste.

Dekorasi tersebut diberikan oleh Perdana Menteri saat ini, yang pada saat itu Presiden Republik Demokratik Timor Leste, Taur Matan Ruak, di Lisbon.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved