Breaking News:

Berita Kota Kupang

5.074 Anak Kota Kupang Telah Terima Vaksin Tahap Satu

Dinas Kesehatan Kota Kupang mencatat telah 10 persen atau 5.074 remaja di Kota Kupang yang menerima dosis tahap I

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM//Irfan Hoi
Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Kupang, Tiurmasari E. Saragih 

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Dinas Kesehatan Kota Kupang mencatat telah 10 persen atau 5.074 remaja di Kota Kupang yang menerima dosis tahap I. Sedangkan untuk yang sudah telah divaksin dosis kedua adalah 6,7 persen yaitu sekitar 2.700 penerima.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Kupang, Tiurmasari E. Saragih, menyebut ini berdasarkan laporan yang disampaikannya, Selasa 7 September 2021.

Program Dinas Kesehatan Kota Kupang saat ini, kata dia, adalah meningkatkan cakupan herd immunity bagi anak usia remaja yaitu usia 12 sampai dengan 17 tahun. Di samping itu Dinkes Kota Kupang tidak mengkesampingkan vaksinasi bagi masyarakat umum usia 18 tahun ke atas.

"Karena untuk usia di atas 18 tahun juga belum mencapai 80 persen atau baru mencapai 61 persen," kata dia.

Baca juga: Covid-19 di Kota Kupang, 4 Kelurahan di Kota Kupang Sudah Kategori Zona Hijau

Saat ini puskesmas yang fokus dalam pelayanan vaksinasi kepada remaja yang dilayani ke sekolah-sekolah. Meskipun begitu pelayanan untuk remaja tetap juga diberlakukan di fasilitas kesehatan lainnya.

"Kami arahkan ke sekolah-sekolah agar kepala sekolah mengetahui jumlah pasti siswanya yang sudah tervaksin," lanjut dia.

Pelajar yang mendapat vaksinasi selain di sekolah pun harus melaporkan diri kepada pihak sekolah apabila divaksin di fasilitas kesehatan maupun tempat vaksinasi lainnya.

"Baik itu yang sudah dosis satu atau dua," tambah Tiur.

Baca juga: Kota Kupang Turun PPKM Level 3, Kabupaten Kupang Naik Level 4

Pendaftaran vaksinasi bagi remaja, jelasnya, menggunakan Kartu Identitas Anak (KIA) atau juga Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kartu keluarga.

Pada kesempatan yang sama sedang dilakukan vaksinasi di Gereja Maranatha Oebufu, Kupang. Sasaran vaksinasi kali itu adalah 500 dosis Sinovac untuk vaksinasi remaja umur 12 sampai dengan 17 tahun per harinya. Vaksinasi di gereja ini digelar dua hari hingga hari ini. (*)

Baca Berita Kota Kupang Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved