Breaking News:

Berita Kota Kupang

Dumuliahi Djami: KBM Tatap Muka Mulai Senin

KEGIATAN belajar mengajar tatap muka ( KBM tatap muka) di sekolah-sekolah dilaksanakan terhitung mulai hari ini, Senin 6 September 2021

Editor: Kanis Jehola
foto/irfan hoi
Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Kupang Dumuliahi Djami 

POS-KUPANG.COM- KEGIATAN belajar mengajar tatap muka ( KBM tatap muka) di sekolah-sekolah dilaksanakan terhitung mulai hari ini, Senin 6 September 2021. Penerapan protokol kesehatan dan syarat vaksin bagi guru merupakan kunci utama.

"Beberapa indikator yang dipakai adalah dengan menyiapkan protokol kesehatan, tempat mencuci tangan, jarak duduk siswa dan vaksinasi bagi tenaga pendidik," kata Kepala Dinas Pendidilan dan Kebudayaan Kota Kupang, Dumuliahi Djami, Jumat 3 September 2021.

Menurut Dumul, KBM tatap muka akan dimulai dengan kelas V SD dan kelas VIII SMP. Pihaknya akan mempersiapkan assessment nasional yang akan digelar dalam waktu dekat. Pihak sekolah wajib mempersiapkan dan melaksanakan protokol kesehatan .

"Sementara untuk syarat vaksin, kami wajibkan bagi semua tenaga pendidik atau guru. Jika ada guru yang memiliki riwayat penyakit sehingga tidak bisa menerima vaksin, maka harus memberikan surat keterangan dari dokter," ujar Dumul.

Baca juga: Dinas Pendidikan Kota Kupang Buat Aplikasi Awasi Dana BOS

Dumul mengatakan, pihaknya telah mengecek kesiapan semua sekolah untuk memulai KBM tatap muka. Semuanya sudah final. "Kami sudah lakukan pembekalan tentang teknis pelaksanaannya," katanya.

Ia menegaskan, pelaksanaan KBM tatap muka diawasi secara ketat dan akan terus dievaluasi. Apabila salah satu siswa terpapar Covid-19, maka sekolah itu langsung ditutup.

"Kita beraharap prosesnya berjalan baik. Apabila salah satu siswa terpapar Covid-19, maka KBM dihentikan. Sekolah itu akan langsung ditutup dan kembali memberlakukan pembelajaran dari rumah,"tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang Retnowati mengatakan, KBM tatap muka bisa dilakukan dengan syarat pihak sekolah menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang: Syarat Utama KBM Tatap Muka Guru Harus Tervaksinasi

Selain itu, lanjut Retnowati, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan harus memastikan semua guru sudah vaksin.

"Guru-guru merupakan kelompok rentan dan banyak bertemu dengan banyak orang. Selain itu, anak-anak memiliki kekebalan tubuh yang baik sehingga harus dipastikan lingkungan mereka itu aman dan makan makanan bergizi," ujar Retnowati. (cr8)

Baca Berita Kota Kupang Lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved