Breaking News:

Berita Rote Ndao

Kementan dan Komisi IV DPR RI Tingkatkan Kapastitas Petani Milenial dan Penyuluh di Rote Ndao

pengembangan sumber daya manusia sangat penting untuk mengoptimalkan sektor pertanian ke depan.

Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Bimbingan Teknis (bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh di Kabupaten Rote Ndao pada Senin, 30 Agustus 2021. 

Kementan & Komisi IV DPR RI Tingkatkan Kapastitas Petani Milenial dan Penyuluh di Rote Ndao

POS KUPANG.COM, ROTE NDAO - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui BPPSDMP terus berusaha meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pertanian, termasuk Petani dan Penyuluh.

Bekerjasama dengan Komisi IV DPR RI, Kementan melalui SMK-PP Negeri Kupang menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh di Kabupaten Rote Ndao pada Senin 30 Agustus 2021.

Hal ini sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa pengembangan sumber daya manusia sangat penting untuk mengoptimalkan sektor pertanian ke depan.

Hal senada diungkapkan oleh Dedi Nursyamsi selaku Kepala BPPSDMP, “Sebagai pelaku pembangunan pertanian, petani dan penyuluh sudah selayaknya mendapat prioritas dalam program pembangunan pertanian”, tutur Dedi.

Bimtek dengan peserta 30 petani dan penyuluh tersebut juga dihadiri secara langsung oleh Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek, dan Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Rote Ndao, Denison Mooy serta secara virtual oleh Anggota Komisi IV DPR RI Yohanis Fransiskus Lema.

“Dengan mengembangkan kapasitas petani dan penyuluh di Kabupaten Rote Ndao diharapkan bisa meningkatkan produktivitas pertanian di kabupaten tersebut yang notabennya sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani”, ungkap anggota komisi IV DPR RI yang sering disapa Ansilema ini.

Baca juga: Perancang Kanwil Kemenkumham NTT Rampungkan Harmonisasi Ranperda Kabupaten Rote Ndao

Ia menyampaikan kepeduliannya pada daerah-daerah NTT dan harapannya melalui pembangunan pertanian yang sinergi dan berbasis teknologi.

Senada dengan Ansilema, Bupati Rote Ndao mengungkapkan bahwa penguatan sektor pertanian Kabupaten Rote Ndao harus dilakukan sekarang juga untuk menjaga ketahanan pangan dimana 80% masyarakatnya bermatapencaharian sebagai petani.

Sementara Kepala SMK PP Negeri Kupang sebagai penanggungjawab Bimtek sekaligus perwakilan dari BPPSDMP Kementan menyatakan tujuan bimtek ialah meningkatkan kesejahteraan petani serta meningkatkan kapasitas penyuluh dalam transfer teknologi kepada petani.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved