Breaking News:

Berita Internasional

Timor Leste-Indonesia Memulai Perundingan Batas Laut Benarkan Xanana Gusmao Yang Akhiri Batas Darat?

Sebelum meninggalkan jabatannya sebagai pejabat penting di Timor Leste, Xanana Gusmao ternyata  telah menemui para pejabat di Indonesia.

Editor: Frans Krowin
Kompas.com
Menteri Perencanaan dan Investasi Strategis Republik Demokratik Timor Leste Xanana Gusmao di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa 4 Februari 2020. Saat itu Xanana Gusmao menemui Menko Polhukam, Mahfud MD untuk melanjutkan pembicaraan tentang batas negara. (KOMPAS.com/Dian Erika ) 

POS-KUPANG.COM – Sebelum meninggalkan jabatannya sebagai pejabat penting di Timor Leste, Xanana Gusmao ternyata  telah menemui para pejabat di Indonesia.

Salah satu menteri yang ditemui Xanana Gusmao sebelum akhirnya ia memilih lengser ke prabon, adalah Menko Polhukam, Mahfud MD.

Pertemuan dengan Menko Polhukam itu ketika Xanana Gusmao mengemban tugas sebagai Menteri Perencana dan Investasi Strategis Republik Demokratik Timor Leste.

Pertemuan penting tersebut membahas masalah perbatasan antara Timor Leste dengan Indonesia, yang sering dibicarakan selama ini.

Pembicaraan masalah perbatasan itu merupakan kelanjutan dari pembicaraan sebelumnya yang dilakukan Xanana Gusmao dengan Bu Retno Marsudi dan Wiranto.

Baca juga: Polisi Timor Leste Tangkap Pendukung Eks Pastor yang Diduga Terlibat Pelecehan Anak di Bawah Umur

Saat itu, Retno Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia dan Wioranto sebagai Menko Polhukam.

“Saya ke sini untuk melanjutkan pembicaraan  yang pernah saya lakukan dengan Bu Retno dan Pak Wiranto. Masalah perbatasan antar Negara,” ujar Xanana.

Momentum pertemuan antara Xanana Gusmao dan Mahfud MD itu berlangsung pada Selasa 4 Februari 2020, sebagaimana dilansir Kompas.com

"Pembicaraan yang dulunya pernah saya lakukan dengan Bu Retno dan Pak Wiranto, kini kami melanjutkannya kembali,” ungkap Xanana.

"Saat itu kami masih pending issues di land border (perbatasan darat), kemudian boundary (batas negara)," lanjut dia.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved