Breaking News:

Berita Malaka

Pemdes Numponi Siap Amankan Instruksi Bupati Malaka Soal "Perang Melawan Covid"

Pemerintah Desa Numponi, Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka siap mengamankan instruksi Bupati Malaka terkait "perang melawan Covid-19."

Penulis: Edy Hayong | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/EDI HAYONG
Kepala Desa Numponi, Alfons Molo 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edy Hayong

POS-KUPANG.COM, BETUN--Pemerintah Desa Numponi, Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka siap mengamankan instruksi Bupati Malaka terkait "perang melawan Covid-19."

Sosialisasi kepada warga untuk ikut vaksinasi terus dilakukan termasuk menyiagakan posko Covid-19 di desa ini. Sejauh ini jajaran pemdes termasuk sebagian warga telah mengikuti vaksin sesuai anjuran pemerintah pusat.

Kepala Desa (Kades) Numponi, Alfons Molo menyampaikan hal ini kepada Wartawan di Betun, Ibu kota Kabupaten Malaka, Kamis 12 Agustus 2021.

Dikatakan Alfons, pihaknya memang telah mengikuti informasi soal instruksi bupati agar seluruh desa dan kecamatan wajib menghadirkan posko covid guna memeriksa siapa saja yang masuk ke wilayah desa.

Baca juga: Jajaran Puskesmas Tunabesi Kabupaten Malaka Rutin Sosialisasi Pola Hidup Sehat Cegah Covid-19

Menjawabi harapan bupati ini, lanjut Alfons, jajarannya telah meminta RT/RW untuk mengingatkan warganya untuk menaati protokoler kesehatan (prokes) termasuk membangun posko-posko.

"Kita sudah siagakan posko di desa. Intinya instruksi bupati soal perang melawan covid kami siap amankan. Kita imbau kepada warga untuk kemana-mana wajib mengenakan masker dan tidak boleh ada kegiatan mengerahkan orang dalam jumlah banyak," kata Alfons.

Ditanya soal berapa banyak warganya sudah vaksin, Alfons mengakui sejauh ini baru jajaran pemerintah desa, aparat kepolisian dan jajaran kesehatan serta beberapa warga.

Hal ini dipicu karena sosialisasi belum berjalan maksimal soal pentingnya vaksin. Namun, kata Alfons, dengan adanya istruksi bupati ini jajarannya bersama aparat keamanan siap gencarkan sosialisasi.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Malaka Gandeng Kemendes Galakkan Program Keselamatan Lingkungan

Diberitakan sebelumnya, Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, S.H,MH menginstruksikan mulai tanggal 4 Agustus seluruh kepala desa (kades), camat, organisasi perangkat daerah (OPD) dan seluruh lapisan warga "berperang melawan covid-19".

Seluruh kekuatan dari tingkat kabupaten dikerahkan untuk turun langsung ke 12 kecamatan yang ada dan tahap awal pergerakan mulai dari Kecamatan Malaka Tengah. Seluruh kades dan camat wajib mengaktifkan posko covid dan petugas disiagakan dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan (prokes).

Bupati Malaka, Simon Nahak menyampaikan ini dalam pertemuan terbatas di Kantor Camat Malaka Tengah di Betun, Rabu 4 Agustus 2021. Pertemuan ini dimoderatori Camat Malaka Tengah, Eduardus Bere Atok, S.Pi dihadiri beberapa kades, pimpinan OPD terkait.

Dijelaskan Simon, persoalan pandemi covid-19 ini merupakan musuh bersama yang wajib diperangi. Untuk itu melalui pertemuan lintas sektor di tingkat kabupaten, telah disepakati ada gebrakan peduli dengan cara bersama "perang melawan covid-19".

"Kita lakukan gebrakan perang melawan covid-19. Tim akan keliling ke 12 kecamatan dan dimulai dari Malaka Tengah sebagai pusat pemerintahan kabupaten," tegas Simon.(*)

Berita Kabupaten Malaka Lainnya

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved