Breaking News:

Berita Pemprov NTT

3 Daerah di NTT Perpanjang PPKM Level IV, 1 Daerah Level II

pemerintah provinsi bertugas mengawasi pelaksanaan. Sementara itu, eksekusi dilakukan oleh oleh pemerintah kabupaten masing masing

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/RYAN NONG
Sekretaris Dinkesdukcapil NTT, Samuel Halundaka yang didampingi Kabid Yankes Emma Simanjuntak dan Kabid Kesmas, Iwan Pelokila menunjukkan dokumen penerimaan bantuan oksigen konsentrator Hibah Presiden Jokowi di Gudang Instalasi obat dan Farmasi Dinkesdukcapil NTT, Selasa 3 Agustus 2021.   

3 Daerah di NTT Perpanjang PPKM Level IV, 1 Daerah Level II

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM, KUPANG -- Sebanyak 3 daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur memperpanjang penerapan PPKM Level IV. Sementara itu, 18 daerah memperpanjang pelaksanaan PPKM level III dan 1 daerah memperpanjang penerapan PPKM level II. 

Selain 3 daerah di NTT, perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV hingga 9 Agustus 2021 mendatang juga diterapkan 21 provinsi dengan 45 kabupaten/kota di luar Pulau Jawa dan Bali. 

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto dalam keterangan pada Senin, 2 Agustus 2021,, perpanjangan penerapan PPKM Level IV dilakukan karena daerah masih mengalami lonjakan kasus positif Covid-19.

Sebelum perpanjangan, penerapan PPKM Level IV telah dilakukan  sejak 26 Juli 2021. 

Baca juga: Limbah Medis Meningkat, Incinerator Pemprov NTT Masih Gunakan Genset

Kepala Dinas Kesehatan Kependudukan dan Catatan Sipil NTT, dr. Messerasi Ataupah melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Ivan Pelokila menjelaskan, pemerintah provinsi menunggu keputusan resmi kepala daerah terkait hal itu meski secara Nasional pemerintah pusat telah menetapkan perpanjangan PPKM Level IV.

"Pelaksanaan PPKM kalau kita ikuti pemberitaan kemarin, diperpanjang sampai 9 Agustus 2021. Untuk NTT kita akan tunggu keputusan kepala daerah karena yang kemarin itu keputusan nasional, tindak lanjutnya akan disampaikan kepala daerah masing masing," ujar Pelokila saat ditemui di Instalasi Obat dan Farmasi Dinkesdukcapil NTT, Selasa 3 Agustus 2021 pagi. 

Ia mengatakan, penerapan PPKM tersebut sangat tergantung dari kondisi daerah masing masing. 

Meski demikian, Pelokila menyebut, Kota Kupang, Kabupaten Sikka dan Kabupaten Sumba Timur dipastikan memperpanjang penerapan PPKM level IV.

Baca juga: Pemprov NTT Perbaruai Aturan PPKM Level 4,Ini Syarat Untuk Perjalanan dalam Wilayah NTT dan Luar NTT

Sementara itu, Kabupaten Sabu menerapkan PPKM Level II dan kabupaten lainnya di NTT menerapkan PPKM level III. 

Pemerintah provinsi tetap berharap agar seluruh masyarakat tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. 

"Ini sangat situasional, tapi intinya dalam situasi ini protokol kesehatan harus kita laksanakan, 3T dan 5M," tegas dia. 

Pelokila juga menegaskan, terkait PPKM, pemerintah provinsi bertugas mengawasi pelaksanaan. Sementara itu, eksekusi dilakukan oleh oleh pemerintah kabupaten masing masing. (*) 

Berita Pemprov NTT terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved