Breaking News:

Berita Sumba Timur

Daya Listrik di Labuan Bajo Mencukupi, Manager ULP PLN Labuan Bajo : Investor Tidak Perlu Khawatir

lebih memberikan jaminan kepada para investor dan meningkatkan pelayanan kelistrikan bagi masyarakat di Pulau Flores

Penulis: Gecio Viana | Editor: Rosalina Woso
pk/gecio viana
Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Labuan Bajo, Ambara 

Daya Listrik di Labuan Bajo Mencukupi, Manager ULP PLN Labuan Bajo : Investor Tidak Perlu Khawatir

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Viana

POS-KUPANG.COM,  LABUAN BAJO - Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Labuan Bajo, Ambara Natha mengatakan, daya listrik di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) sangat mencukupi. 

Sehingga, para investor maupun pengusaha yang ingin melakukan investasi di daerah itu tidak perlu khawatir akan defisit listrik. 

"Daya mampu PLTMG Rangko sebesar 23 Megawatt (MW) dan PLTMG Golo Bilas sebesar 3.3 MW. Beban puncak listrik kita sejak awal pandemi 2020 lalu sebesar 11 MW,  kalau normal di angka 15 MW atau 16 MW. Jadi, sangat mencukupi," katanya. 

Ambara menuturkan, pelayanan listrik di Labuan Bajo saat ini akan lebih maksimal, karena PT PLN (Persero) telah menuntaskan pembangunan infrastruktur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) atau Tol Listrik Flores sepanjang 864 kilometer sirkuit (kms) yang tersambung dari Labuan Bajo sampai Maumere

Hal ini tentunya akan lebih memberikan jaminan kepada para investor dan meningkatkan pelayanan kelistrikan bagi masyarakat di Pulau Flores. 

Baca juga: PPKM Level IV di Sumba Timur, Pelanggaran Protokol Kesehatan Menurun

"Dampaknya, cadangan daya mampu kelistrikan yang kita miliki, sehingga investor yang ingin berinvestasi di Labuan Bajo tidak perlu khawatir bila ada defisit listrik atau lainnya. Silahkan berinvestasi di Labuan Bajo, listriknya tercukupi," ujarnya. 

Dijelaskannya, cadangan daya mampu yang ada di Flores bagian timur dan Flores bagian barat digabungkan, sehingga daya mampu listrik lebih banyak dan dapat saling mengisi kebutuhan listrik pada sejumlah daerah di Pulau Flores.

"Jadi kalau terjadi peningkatan kebutuhan listrik di Labuan Bajo pun tidak ada masalah karena salin suplai sehingga aman. Dengan adanya interkoneksi seperti ini, jadi hitungan daya mampu itu gabungan seluruh pembangkit listrik yang ada di daratan Flores, bukan hanya di Labuan Bajo, Ruteng Bajawa saja, tapi dari Maumere, Ende, Bajawa Ruteng, Labuan Bajo semua digabungkan sistem pembangkitnya untuk melistriki seluruh daratan Flores," ungkapnya. 

Lebih lanjut, pihaknya pun akan lebih optimal dalam melakukan pelayanan listrik di dusun dan desa di Kabupaten Manggarai Barat. 

Baca juga: Alumni IPB Salurkan 1.400 Paket Benih Sayuran Bagi 12 Poktan di Sumba Timur

"Dengan adanya peningkatan daya mampu listrik ini, upaya untuk melistriki dusun-dusun dan desa-desa tetap paralel dilakukan, akan lebih dioptimalkan. Jadi perluasan jaringan tetap dilakukan," katanya. (*)

Berita Manggarai Barat terkini

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved