Breaking News:

Undana Peringkat Satu NTT Versi Webmetrics, Fred Benu Bersyukur Lampaui Target

Undana Kupang menempati peringkat satu di Provinsi NTT, menggeser Universitas Katolik Widya Mandiri Kupang ( Unwira Kupang)

Editor: Kanis Jehola

POS-KUPANG.COM - UNIVERSITAS Nusa Cendana ( Undana) Kupang menempati peringkat satu di Provinsi Nusa TenggaraTimur ( Provinsi NTT), menggeser Universitas Katolik Widya Mandiri Kupang ( Unwira Kupang).

Secara nasional, Undana bertengger di posisi 147 dari 2.593 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia. Peringkat ini lebih baik dari periode sebelumnya, dimana Undana hanya menempati peringkat 263. Sedangkan Unwira Kupang kali ini menempati rangking 221

Peringkat universitas di Indonesia dipublikasi oleh Webometrics Juli 2021. Rektor Undana Prof Ir Fredrik L Benu, MSi banggaa atas pencapaian Undana berdasarkan penilaian Webometric.

Menurutnya, peningkatan peringkat Undana kali ini sangat signifikan. "Sebagaimana kita ketahui bahwa beberapa waktu lalu, peringkat Undana yang sekian lama selalu peringkat nomor satu di NTT, tetapi di-overtaking (disalip, Red) oleh universitas lainnya, dalam hal ini Unwira. Pada periode kali ini pemeringkatan Webo sangat drastis," ucap Fred Benu saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 28 Juli 2021.

Baca juga: Enam Kandidat Calon Rektor Undana

Ia mengungkapkan, pada awal 2021, pihaknya bersama pimpinan universitas lainnya mengambil kebijakan untuk serius mengurus pemeringkatan Undana, baik menurut pemeringkatan Webometric maupun menurut pemeringkatan klasifikasi PT nasional Indonesia.

"Kita ambil kebijakan untuk membentuk tim khusus yang membantu tugas-tugas pimpinan, baik tingkat rektorat, maupun fakultas dan lembaga, sehingga dalam semua indikator yang biasanya dipakai dalam pemeringkatan, kita penuhi secara baik," ujarnya.

Menurutnya, Satgas Kehumasan dan Informasi yang dibentuk awal 2021 telah bekerja secara maksimal, sehingga pemeringkatan Undana meningkat bisa sangat signifikan.

Prof Fred Benu mengaku sebenarnya targetnya pada pemeringkatan Webometrics adalah Undana bisa berada di bawah urutan 200.

Baca juga: Dosen dan Mahasiswa Agroteknologi Faperta Undana PKM di Fatuulan Timor Tengah Selatan

"Saya bersyukur bahwa ini melampaui target. Sampai pada (peringkat) 147, itu meningkat sangat signifikan. Kita kembali menjadi lebih tinggi di NTT," ujarnya.

"Atas capaian itu, tentunya saya menyampaikan terima kasih banyak kepada semua pihak di Undana, baik pimpinan tingkat rektorat, lembaga, fakultas, semua pimpina pada unit layanan lainnya, secara khusus saya juga berterima kasih kepada tim Kehumasan dan Informasi yang sudah berkerja keras, berkoordinasi secara baik dengan pimpinan maupun seluruh elemen civitas akademika Undana untuk memperbaiki pemeringkatan kali ini menurut penilaian webometric," tamdah Fred Benu.

Halaman
123
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved