Breaking News:

Berita Kota Kupang

Kelurahan Oebufu Kota Kupang Sulap TPS Ramah Lingkungan

sampah mereka untuk ditimbang di bank sampah tersebut untuk kemudian akan di nominalkan menjadi rupiah.

Editor: Rosalina Woso
POS KUPANG.COM/IRFAN HOI
Proses pembuatan TPS di Kelurahan Oebufu.  

Kelurahan Oebufu Kota Kupang Sulap TPS Ramah Lingkungan

Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi

POS-KUPANG.COM, KUPANG - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Kupang menggelar lomba kebersihan antar Kelurahan di Kota Kupang.

Inovasi yang kreatif pun dilakukan oleh pihak pemerintah Kelurahan Oebufu dengan membuat Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ramah lingkungan dan Bank Sampah.

Lurah Oebufu, Zet Batmalo, menjelaskan pihaknya membuat beberapa inovasi untuk merubah pola dan perilaku masyarakat Kelurahan Oebufu terutama dalam penanganan dan pembuangan sampah.

Dua inovasi yang dilakukan, kata Zet, yaitu dengan bekerjasama dengan Pegadaian,  untuk Bank sampah. Jadi masyarakat dapat membawa sampah mereka untuk ditimbang di bank sampah tersebut untuk kemudian akan di nominalkan menjadi rupiah.

Baca juga: DPRD Kota Kupang Segera Gelar RDP Bersama Pemkot Terkait Pemberhentian 80 PTT

Bank sampah tersebut sudah di bangun di samping Hotel Romyta. Jadi masyarakat bisa memanfaatkan bank sampah ini untuk menambah penghasilan keluarga.

"Jadi masyarakat Kelurahan Oebufu bisa memanfaatkan sampah yang ada menjadi rupiah. Pada prinsipnya, masyarakat, karang taruna, PKK dan semua jajaran Kelurahan Oebufu siap untuk mengikuti lomba kebersihan antar Kelurahan," katanya Senin 26 Juli 2021.

Zet mengatakan, inovasi ke dua, yaitu dengan TPS ramah lingkungan yang berada di RT 35, di tanah pemerintah kota Kupang tepatnya di samping GOR Oepoi.

"TPS yang biasanya kumuh disulap menjadi tempat yang asri dan ramah lingkungan, TPS ini berlokasi di RT 35, RW 09. Ada dua  kontainer sampah dan dua fiber, bekerjasama dengan Balai PUPR Provinsi NTT," jelasnya.

Baca juga: 31 Warga NTT Positif Covid-19 Varian Delta, Kota Kupang Terbanyak, 4 Positif Covid-19 Varian Inggris

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved