Breaking News:

Idul Adha

Tips dan Trik Memilih Hewan Kurban yang Baik untuk Idul Adha 2021 Sesuai Syariat Islam

Agar hewan kurban yang dipilih benar-benar baik dan sehat, ada tips dari dosen Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), Supra Tikno.

Editor: Eflin Rote
Tribunnews.com
Penjualan hewan kurban di Pasar Kambing Galeong, Tangerang menjelang Hari Raya Kurban 1442 H yang jatuh pada 20 Juli 2021. Di tahun 2021 ini, Idul Adha berlangsung di tengah pandemi covid-19. Untuk itulah Presiden ACT mengatak umat Berqurban Tanpa Batas. (WARTAKOTA/Nur Ichsan)  

POS-KUPANG.COM - Anda berencana untuk berkurban saat Idul Adha 2021 mendatang?

Sebelum membeli hewan kurban, Anda perlu memastikan hewan tersebut memenuhi syarat yang disyariatkan dalam Islam.

Hewan yang biasa dikurbankan adalah sapi, kambing, atau domba. 

Saat mendekati Idul Adha, Anda bisa menemukan banyak pedagang hewan musiman yang menjajakan hewan kurban seperti kambing atau domba.

Baca juga: Niat Bacaan Sholat Ied, Waktu Pelaksanaan dan Tata Cara Sholat Idul Adha 2021

Harga hewan tersebut berbeda-beda tergantung dengan berat badan dan jenisnya. Saat membeli hewan kurban, Anda bisa datang langsung dan memilih sendiri atau melalui jasa pedagang hewan kurban. 

Agar hewan kurban yang dipilih benar-benar baik dan sehat, ada tips dari dosen Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB), Supra Tikno, yang bisa Anda terapkan. 

Menurut Supra Tikno, hewan yang akan dikurbankan memiliki syarat yang berbeda dengan yang dikonsumsi sehari-hari. Hewan tersebut perlu memiliki kriteria tertentu agar sesuai dengan persyaratan yang disyariatkan. 

“Biasanya, hewan tersebut punya surat keterangan kesehatan hewan (SKKH),” jelas Supra Tikno seperti dikutip dari laman IPB. 

Baca juga: Idul Adha 2021 : 4 Hari Waktu Menyembelih Hewan Kurban Idul Adha, Doa Menyembelih Tata Caranya

Syarat hewan yang akan dikurbankan

Jika Anda akan berkurban saat Idul Adha tahun 2021 ini, Anda perlu tahu ciri-ciri hewan yang sehat dan sah untuk dijadikan hewan kurban. 

Syarat-syarat yang perlu terpenuhi dalam hewan kurban adalah sehat, tidak kurus, tidak cacat, dan cukup umur. Kambing atau sapi kurban yang sehat menunjukkan ciri-ciri tertentu diantaranya: 

Baca juga: Nikmatnya Masakan Khas Idul Adha Dari Sulawesi dan Kalimantan, Idul Adha 2021 Kapan?

  • Aktif bergerak
  • Nafsu makan 
  • Rambut atau bulu tidak kusam
  • Cermin hidung basah
  • Mata bersinar
  • Mulut, hidung, dan anus bersih. 
Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved