Breaking News:

Idul Adha

Lafal Doa Menyembelih Qurban Milik Sendiri Atau Orang Lain, Waktu Menyembelih yang Tepat, Idul Adha

Sebelum melakukan penyembelihan, disyariatkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Begini doa sebelum menyembelih untuk qurban sendri atau orang lain

Editor: Hermina Pello
Tribunnews.com
Lafal Doa Menyembelih Qurban Milik Sendiri Atau Orang Lain, Waktu Menyembelih yang Tepat, Idul Adha 

POS-KUPANG.COM - Setelah sholat Idul Adha 1442 H yang jatuh di hari ini Selasa 20 Juli 2021 maka akan dilaksanakan penyembelihan hewan qurban.

Dikutip dari Wikipedia, Iduladha (bahasa Arab: عيد الأضحى‎) adalah sebuah hari raya dalam agama Islam. Hari ini memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya Isma'il sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah. Sebelum Ibrahim mengorbankan putranya, Allah menggantikan Ismail dengan domba. Untuk memperingati kejadian ini, hewan ternak disembelih sebagai kurban setiap tahun.

Iduladha jatuh pada tanggal 10 bulan Zulhijah atau 70 hari setelah Idulfitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik merupakan hari yang diharamkan untuk berpuasa bagi umat Islam. Pada hari Iduladha, umat Islam berkumpul pada pagi hari dan melakukan salat Id bersama-sama di tanah lapang atau di masjid. Setelah salat, penyembelihan hewan kurban dilaksanakan. Sepertiga daging hewan dikonsumsi oleh keluarga yang berkurban, sementara sisanya disedekahkan atau dibagikan kepada orang lain. Terkadang Iduladha disebut pula sebagai Idulkurban atau Lebaran Haji.

Melaksanakan penyembelihan hewan kurban merupakan ibadah yang bernilai tinggi di Bulan Dzulhijjah selain menunaikan ibadah haji.

Baca juga: Dilaksanakan Sebelum Sholat Idul Adha 2021, Tata Cara dan Niat Mandi Wajib Idul Adha 2021

Hukum berkurban adalah sunnah muakad atau sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim.

Seperti dijelaskan dalam Buku Panduan Lengkap Ibadah Muslim karya Syukron Maksum, berkurban adalah hal yang sangat dicintai Allah di hari raya Idul Adha.

"Tidaklah anak adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Idul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (qurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya," (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al Hakim).

Ibadah kurban ini meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail as yang taat mematuhi perintah Allah SWT.

Hewan yang disembelih dalam kurban diutamakan domba, sesuai yang disyariatkan.

Baca juga: Shalat Idul Adha 2021 di Rumah Tanpa Khutbah Apakah Sah? Bagaimana Penjelasan MUI?

Selain domba lazimnya hewan untuk berkurban dapat berupa unta, kambing, atau sapi.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved