Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Jumat 16 Juli 2021: Aturan bagi Diri Kita

Tiap kita selalu hidup dalam berbagai sudut pandang. Hal ini dikarenakan masing-masing kita punya pemahaman sendiri tentang berbagai hal yang dihidupi

Editor: Agustinus Sape
Dok Pribadi
RD Hironimus Nitsae 

Renungan Harian Katolik Jumat 16 Juli 2021: Aturan bagi Diri Kita (Injil Matius 12:1-8)

Oleh: RD. Hironimus Nitsae

POS-KUPANG.COM - Tiap kita selalu hidup dalam berbagai sudut pandang. Hal ini dikarenakan masing-masing kita punya pemahaman sendiri tentang berbagai hal yang dihidupi.

Salah satu hal yang dihidupi adalah soal prinsip atau aturan yang kita jalani. Tentunya tiap aturan harusnya dibuat untuk memberi makna positif bagi tiap mereka yang menjalaninya termasuk yang paling utama adalah demi membangun kemanusiaan.

Injil hari ini menegaskan kepada kita perihal aturan yang kemudian dikritisi oleh Yesus tentang hari Sabat. Bagi kaum Farisi, Sabat adalah momentum tanpa aktivitas. Sementara mereka tidak menyadari kebutuhan dasariah yang harus dipenuhi tiap orang.

Yesus mengkritisi para Farisi yang menilai secara keliru tindakan para murid memetik gandum pada hari Sabat. Aturan memang penting dibuat untuk meminimalisir kesalahan. Tetapi aturan juga tidak dibuat untuk menindak sebuah kehidupan yang diperjuangkan dengan baik.

Baca juga: Renungan Harian Katolik Kamis 15 Juli 2021: Beban Hidup

Tentunya, kita belajar bagaimana menilai hidup dalam kaitan dengan aturan yang ada untuk kita. Untuk masa sekarang, kita memang hidup dalam aturan. Tetapi yang pasti bahwa aturan tidak harus mengekang kebebasan manusiawi kita (martabat manusia) untuk berjuang. Untuk bergerak dinamis memperjuangkan hidup. Untuk menjadi manusia yang sungguh manusiawi.*

Renungan harian lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved