Breaking News:

Public Service Pos Kupang

Sampah Medis Dibuang Sembarangan di TTU

Kawasan sekitar Hutan Tatub, Desa Tublopo, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten TTU merupakan suatu kawasan hutan yang cukup bagus

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Dionisius Rebon
SAMPAH MEDIS-Sejumlah limbah medis yang dibuang di Kawasan sekitar Hutan Tatub, Desa Tublopo, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Gambar diambil Jumat 2 Juli 2021. 

POS-KUPANG.COM - Kawasan sekitar Hutan Tatub, Desa Tublopo, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara ( Kabupaten TTU) merupakan suatu kawasan hutan yang cukup bagus.

Berbagai jenis pohon tumbuh di lokasi tersebut yang membawa kesejukan ketika kita melintas atau beristirahat sejenak di wilayah tersebut. Kawasan tersebut sepertinya menjadi "pemasok" oksigen untuk kebutuhan warga.

Namun saat ini kondisi di kawasan Hutan Tatub tersebut sudah banyak berubah. Selain karena ada sejumlah pohon yang sudah ditebang tetapi yang sangat miris adalah kawasan tersebut menjadi lokasi pembuangan sampah.

Bahkan sampah yang dibuang tersebut bukan saja sampah rumah tangga tetapi juga sampah medis yang tentu saja sangat berbahaya bagi warga sekitar yang mendatangi lokasi tersebut atau warga yang bermukim di sekitar kawasan hutan tersebut.

Baca juga: DPRD Desak Pemerintah Selesaikan Persoalan Sampah Medis 

Beberapa hari lalu saya sempat ke lokasi tersebut, sepertinya kawasan hutan Tatub yang mana menjadi lokasi Pembuangan Akhir (TPA) sudah dipenuhi sampah rumah tangga juga dipenuhi sampah medis.

Sampah-sampah tersebut berserakan. Begitu juga dengan sampah medis yang sangat berbahaya seperti masker, sarung tangan, botol infus, serta kardus bekas obat-obatan dibuang di tempat ini.

Limbah medis tersebut dibungkus dalam kantong plastik berukuran besar dan sedang dibuang begitu saja di lokasi tersebut. Diduga limbah medis tersebut dibuang orang tidak bertanggungjawab pada malam hari.

Kami berharap pemerintah segera mengabil tindakan tegas terhadap oknum yang membuang sampah-sampah medis tersebut. Sebab, sampah-sampah tersebut akan sangat berbahaya bagi warga di tengah melonjaknya kasus Covid-19 ini.

Baca juga: Pengolahan Sampah Medis

Kami khawatir anak-anak yang tidak mengetahui sampah-sampah medis tersebut akan memegang atau menjadikannya sebagai mainan. Kami tidak mau terjadi hal yang berbahaya bagi warga. Tolong Pa Bupati.

Terima kasih

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved