Breaking News:

Salam Pos Kupang

Butuh Ketegasan

MULAI hari ini Sabtu 3 Juli 2021 pemerintah memutuskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) Darurat untuk wilayah Pulau Jawa dan Bali

Editor: Kanis Jehola
Dok Pos-Kupang.Com
Logo Pos Kupang 

POS-KUPANG.COM - MULAI hari ini Sabtu 3 Juli 2021 pemerintah memutuskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM) Darurat untuk wilayah Pulau Jawa dan Bali.

Hal ini dilakukan karena kasus Covid-19 mengalami lonjakan begitu tinggi di Pulau Jawa dan Bali. Lonjakan kasus Covid-19 ini sepertinya sudah diprediksi sebelum perayaan Lebaran beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu pemerintah sudah melarang warga untuk tidak mudik. Hal ini karena sudah dapat diprediksi akan terjadi lonjakan pasca Lebaran. Hari-hari ini prediksi tersebut menjadi kenyataan. Lonjakan kasus begitu tinggi.

Parahnya lagi, selain karena adanya perayaan Lebaran, lonjakan kasus Covid-19 juga disebabkan adanya varian baru yaitu varian Delta. Kabarnya, tingkat penyebaran kasus Covid-19 varian Delta ini enam kali lipat dari varian sebelumnya.

Baca juga: Kamu Harus Tahu,  Ini Aturan Baru Perjalanan Penumpang Transportasi Laut di Masa PPKM Darurat

Lonjakan kasus sejak minggu terakhir bulan Juni 2021 ini terlihat sangat mengkhawatirkan, dimana ada rumah sakit yang tidak lagi dapat menampung pasien.

Artinya jumlah pasien yang masuk sudah melebihi kapasitas tempat tidur di rumah sakit. Sungguh mengerikan.

Lonjakan kasus semakin tinggi. Kondisi rumah sakit sepertinya sudah kewalahan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pasien yang menumpuk di Unit Gawat Darurat (UGD) karena ruangan perawatan sudah penuh.

Tetapi mirisnya, di tengah lonjakan kasus Covid-19 tersebut pelanggaran protokol kesehatan (prokes) sangat telanjang terlihat dalam setiap interaksi antara warga.

Baca juga: Aturan Baru Perjalanan Penumpang Transportasi Laut di Masa PPKM Darurat Ini Sanksinya Jika Melanggar

Kita menyaksikan mobilitas warga begitu ramia terjadi. Mall-mall, rumah makan, pasar sangat ramai dikunjungi. Sepertinya tak ada rasa takut dengan penularan Covid-19 ini.

Menurut para ahli kesehatan semakin kita kendur dengan prokes maka kasus Covid-19 pasti melonjak. Begitu juga sebaliknya, untuk menekan sebaran Covid-19 maka perketatlah prokes.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved