Breaking News:

Workshop Moderasi Beragama Orang Muda Lintas Agama Jangan Memperebutkan Tuhan

KEMENTERIAN Agama ( Kemenag) Kota Kupang menggelar Workshop dengan tema Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/NOVEMY LEO
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Drs. Yakobus Beda Kleden, MM saat memberikan smabutan pada acara Workshop Moderasi Beragama untuk Orang Muda Lintas Agama, Selasa (29/6/2021) di Hotel Swiss Bell-In Kristal Kupang. 

POS-KUPANG.COM - KEMENTERIAN Agama ( Kemenag) Kota Kupang menggelar Workshop dengan tema Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia.

Sebanyak 18 peserta mengikuti kegiatan yang berlangsung di Hotel Swiss Bell-In Kristal Kupang, Selasa 29 Juni 2021.

Workshop diisi dengan pemaparan materi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Yakobus Beda Kleden dengan topik Pengarusutamaan Moderasi Ps Kanit Binpolmas Aiptu I Nyoman Pasek Martika mewakili Kapolresta Kupang Kota membawa materi tentang Peranan Polres Kupang Kota Dalam Menciptakan Kerukunan Umat Beragama.

Berikutnya, Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang Noce Nus Loa dengan topik materi Peranan Pemerintah Kota Kupang Dalam Membangun Kerukunan Umat Beragama.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Kemenag Keluarkan 8 Aturan Salat Idul Adha 1442 H, Apa Saja Aturannya?

Yakobus mengatakan, saat ini Indonesia masih menghadapi banyak persoalan terkait keagamaan. Persoalan keagamaan itu hendaknya bisa segera diselesaikan. Apalagi di Indonesia memiliki sejumlah agama.

"Agama-agama yang banyak di Indonesia mestinya membantu pemerintah dan negara mengatasi persoalan yang ada saat ini, bukan merecoki diri dengan paham-paham idiologis, paham radikal, dan saling memperebutkan Tuhan seperti kera berebutan kerupuk. Kita tidak boleh berkelahi soal itu," kata Yakobus.

Menurutnya, agama mesti membantu pemerintah untuk mengatur negara di bidang sosial politik dan sebagainya. Ia menegaskan, tujuan agama sebenarnya adalah keselamatan, keselamatan di dunia dan keselamatan di akhirat.

Yakobus berharap peserta workshop bisa mendiskusikan moderasi agama dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Kemenag Sosialisasi Keputusan Pemerintah Batalkan Calon Jemaah Haji

"Hal ini untuk merumuskan satu dua hal yang membantu teman lain generasi muda di Kota Kupang. Apa yang bisa kita lakukan untuk membangun kota ini menjadi rumah kita bersama yang aman dan nyaman bagi semua orang yang tinggal," imbuhnya.

Ia mengatakan, generasi muda juga diharapkan mampu menumbuhkan budaya solider dan dialogal.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved