Breaking News:

Kemenag Sosialisasi Keputusan Pemerintah Batalkan Calon Jemaah Haji

Kemenag kabupaten/kota mensosialisasi keputusan pemerintah membatalkan pemberangkatan calon jemaah haji ke Arab Saudi

Editor: Kanis Jehola
Kemenag Sosialisasi Keputusan Pemerintah Batalkan Calon Jemaah Haji
POS-KUPANG.COM/Gecio Viana
Kepala Kantor Agama Kabupaten Mabar, Drs Nikolaus Nuka

POS-KUPANG.COM - KEMENTERIAN Agama ( Kemenag) kabupaten/kota mensosialisasi keputusan pemerintah membatalkan pemberangkatan calon jemaah haji tahun 2021 ke Arab Saudi.

Upaya tersebut penting agar calon jemaah haji dapat menerima dan memahami keputusan pemerintah dengan baik dan benar.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumba Barat, Bulla Nggallu mengatakan, pemerintah membatalkan pemberangkatan jemaah haji karena pertimbangan kesehatan, keselamatan dan keamanan jemaah haji akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Selain itu, Kerajaan Arab Saudi hingga kini belum mengundang pemerintah Indonesia untuk membahas dan menandatangani nota kesepahaman tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji.

Baca juga: MUI Belu Terima Keputusan Batalkan Pemberangkatan Calon Jemaah Haji

Baca juga: Sudah Minum Obat Kuat, Isteri Malah Tolak Berhubungan Badan, Pria Ini Lampiaskan Nafsu ke Adik Ipar

Bulla bersama stafnya akan bertemu calon jemaah haji untuk menjelaskan keputusan pemerintah.

Hal senada disampaikan Kepala Kantor Agama Kabupaten Manggarai Barat, Nikolaus Nuka. "Kami akan panggil dan melakukan sosialisasi kepada calon jemaah haji yang kena dampak pembatalan ini, karena kesehatan, keamanan dan keselamatan menjadi hal utama," kata Nikolaus di Labuan Bajo, Jumat (4/6).

Ia menyebut ada 66 calon jemaah haji yang tertunda keberangkatannya. Nikolaus berharap calon jemaah haji dapat menerima keputusan pemerintah.

"Kepada masyarakat muslim yang sudah masuk dalam kuota, lalu karena alasan yang mendasar yakni masih ada Covid-19, sehingga tidak diberangkatkan dengan alasan keamanan, kesehatan dan keselamatan. Oleh karena itu saya mohon kepada para calon jemaah haji untuk mari kita lihat secara jernih, akal sehat sehingga semuanya tidak terpengaruh dengan kerukunan antar umat beragama dan mungkin ini merupakan takdir dan aturan dari Tuhan sehingga ini menjadi cobaan manusia dan sejauh mana masyarakat menerima ini dengan lapang dada dan penuh iman," papar imbuh Nikolaus.

Baca juga: Pelaksanaan Pilpres 28 Februari, Pilkada 27 November Tahapan Pemilu Dimulai Maret 2022

Baca juga: Penonton Wajib Pakai Masker dan Jaga Jarak

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belu, Antonius Ngga Rua mengatakan, pihaknya sudah mensosialisasi keputusan pemerintah mengenai pembatalan pemberangkatan calon jemaah haji.

"Pada prinsipnya mereka (calon haji-Red) menerima keputusan pemerintah untuk membatalkan kegiatan haji tahun ini," kata Antonius di Atambua.

Menurut Antonius, pihaknya melakukan sosialisasi kepada calon jemaah haji.
"Di internal kami sudah lakukan sosialisasi kepada calon-calon jemaah haji di Kabupaten Belu," ujarnya. (pet/ii/jen)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved