Breaking News:

NEWS ANALYSIS Simon Riwu Kaho Pengamat Pendidikan: Tidak Efektif

Menurut Simon Riwu Kaho Pengamat Pendidikan di NTT, pelaksanaan PPDB secara online tidak efektif

Editor: Kanis Jehola
POS KUPANG/OBY LEWANMERU
Simon Riwu Kaho 

POS-KUPANG.COM- Menurut Simon Riwu Kaho Pengamat Pendidikan di NTT, pelaksanaan PPDB secara online tidak efektif.

Pendaftaran Peserta Didik Baru ( PPDB) secara online tidak efektif karena tidak sesuai dengan aturan yang ada. Pendaftaran calon peserta didik baru yang pas atau efektif harus dilaksanakan di sekolah.

Sebenarnya proses pendaftaran yang pas atau sesuai dengan aturan itu dilaksanakan di sekolah.

Pendaftaran online saat ini dilaksanakan karena situasi pandemi Covid-19 jadi diizinkan. Selain itu, melainkan ujian kenaikan kelas hingga kelulusan saja dilaksanakan secara online. Apabila pendaftaran yang sebenarnya atau selektif harus teruji dengan aturan.

Baca juga: PPDB Online 2021 di NTT Tanpa Gejolak

 

Meski pendaftaran secara online, tapi pada prinsipnya semua anak usia sekolah harus tertampung. Dan ini tugas pemerintah. Semua anak wajib bersekolah karena masa depan di daerah, provinsi hingga bangsa ini ada di tangan anak-anak saat ini.

Saya berharap agar pemerintah juga harus memperhatikan anak-anak di daerah dalam dunia pendidikan, karena banyak anak berkualitas.

Jalur zonasi saat ini baik dilaksanakan di sekolah-sekolah, tapi pada prinsipnya, anak yang berusia sekolah wajib disekolahkan. Apabila disekolah tidak menerapkan jalur zonasi, maka anak-anak tidak mengakses sekolah yang ada di lingkungannya.

Alasan lain adanya jalur zonasi ini untuk memprioritaskan anak-anak yang berada di lingkungan sekolah tersebut.

Baca juga: Linus Lusi : Orang Tua Manfaatkan PPDB Online 2021 

Sisi lain dari jalur zonasi ini tidak menutup kemungkinan untuk anak-anak yang ingin bersekolah diluar tidak diperbolehkan, melainkan hal ini harus diperbolehkan, jika anak tersebut memenuhi syarat di sekolah tersebut. (cr6)

Berita Kota Kupang Lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved