Breaking News:

Saat Ini Pembangunan Kali Dendeng di Kota Kupang Capai 25 Persen, 2022 Ditargetkan Beroperasi

KPA Proyek SPAM Kali Dendeng di Kelurahan Fontein, Kota Kupang, yang juga PPK Air Minum Wilayah I, Yasinta Mbake menjelaskan bahwa, progre

istimewa
Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore bersama rombongan saat meninjau pembangunan SPAM kali Dendeng di kelurahan Fontein. 

Saat Ini Pembangunan Kali Dendeng Capai 25 Persen, 2022 Ditargetkan Beroperasi

POS-KUPANG.COM | KUPANG - KPA Proyek SPAM Kali Dendeng di Kelurahan Fontein, Kota Kupang, yang juga PPK Air Minum Wilayah I, Yasinta Mbake menjelaskan bahwa, progres pembangunan IPA dan SPAM Kali Dendeng sudah mencapai 25% dan  paling cepat akan beroperasi tahun 2022 nanti.

SPAM Kali Dendeng bakal dijadikan salah satu pengolahan sumber air baku di kota tersebut, dipastikan akan menjawab kebutuhan air bersih sebanyak 150 liter perdetik. Oleh sebab itu dirinya berharap agar masyarakat sekitar bisa memahami dan menerima aktivitas pembangunan yang sementara berjalan.

“Mohon dukungan dari bapak ibu masyarakat setempat agar mendukung pembangunan ini,” ungkapnya, Rabu 9 Juni 2021.

Yasinta juga menambahkan, dari kontrak kerja yang disepakati bersama antar Pemerintah RI dan Pihak Ke-3 yakni PT  Nindya Tirta, maka pekerjaan SPAM Kali Dendeng ini akan diselesaikan pada 26 Desember 2021 nanti.

Sementara itu Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore yang meninjau lokasi tersebut menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah menjawab dan melaksanakan pembangunan IPA Kali Dendeng yang juga paketan langsung dengan sistem pengelolaan airnya.

Proyek ini, bagi Jefri, merupakan bagian dari menjawab kebutuhan air bersih di kota Kupang yang sering mengalami stok air di musim kemarau.

Ia menyebut, SPAM Kali Dendeng dibangun dengan anggaran pemerintah pusat berkapasitas air untuk tahap I 150 liter per detik dengan dana Rp 189 miliar.

“Proyek ini terjawab karena kita selalu bertemu pak Jokowi dan selalu menyampaikan kebutuhan utama masyarakat Kota Kupang adalah air bersih, ini adalah hasil dari koordinasi kami ke pemerintah pusat, saya selalu menyampaikan ini dalam berbagai kesempatan ketika bertemu Bapak Presiden,” katanya, Rabu 9 Juni 2021. 

Dikesempatan itu, turut hadir Asisten Administrasi Umum Sekda kota Kupang, Yanuar Dally, SH, M.Si dan PPK Air Minum Wilayah I, Yasinta Mbake.

Selain melihat instalasi pengelolaan air (IPA) Kali Dendeng, Wali Kota dan rombongan juga melihat langsung proses pembangunan 2 reservoir yang sementara di bangun di Kelurahan Penkase Oeleta dan satu reservoir di Kelurahan Manutapen. (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi)

Baca juga: Mantan Pemain Timnas U-19 Yabes Roni, Putra NTT Tak Makan Nasi 1 Bulan, Jalan 10 Km Setiap Hari

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore bersama rombongan saat meninjau pembangunan SPAM kali Dendeng di kelurahan Fontein.
Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore bersama rombongan saat meninjau pembangunan SPAM kali Dendeng di kelurahan Fontein. (istimewa)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved