Breaking News:

Pembatalan Keberangkatan Haji, MUI Sumba Timur  : Calon Jamaah Haji Jangan Kecewa

haji yang ada di Sumba Timur tidak perlu kecewa apalagi menyesal, karena adanya pembatalan keberangkatan haji

POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Ketua MUI Sumba Timur, Abdurahman Ato, S.Ag,M.Pd 

Pembatalan Keberangkatan Haji, MUI Sumba Timur  : Calon Jamaah Haji Jangan Kecewa

POS-KUPANG.COM|WAINGAPU -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumba Timur meminta calon jamaah haji di wilayah itu agar jangan kecewa atau menyesal karena adanya kebijakan pemerintah membatalkan keberangkatan haji tahun 2021 ini.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi Dakwah MUI Kabupaten Sumba Timur, Abdurahman Ato, S.Ag, M.Pd, Kamis 10 Juni 2021.

Menurut Abdurahman, jamaah haji yang ada di Sumba Timur tidak perlu kecewa apalagi menyesal, karena adanya pembatalan keberangkatan haji. 

"Untuk itu sangat diharapkan agar calon jamaah haji jangan menyesal apalagi kecewa, tapi perlu mengambil hikmah dibalik pembatalan tersebut. sebagai orang yang beriman patut kiranya diyakini bahwa menunaikan ibadah haji adalah atas dasar panggilan Allah," kata Abdurahman.

Dijelaskan, pembatalan menunaikan ibadah haji tahun ini juga merupakan suatu indikasi bahwa pemilik Kabah Sang Khalik belum berkenan memanggil tamunya mengunjungi rumah-Nya di Tanah Suci Mekkatul Mukarramah. 

"Karena itu untuk menghadapi fenomena pembatalan ini, kiranya calon jamaah haji lebih bersabar dan menyiapkan kesehatan fisik, mental/rohani serta materi lebih baik lagi. Kita hanya berdoa semoga tahun depan, Pandemi Covid - 19 segera pulih dan calon Jamaah Haji bisa berkesempatan utuk menunaikan rukun Islam yang kelima itu," jelas Abdurahman.

Dikatakan, kebijakan pembatalan calon jamaah haji tahun  pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, sebagai kaum muslim perlu disikapi dengan arif dan bijaksana. Pasalnya, kebijakan pembatalan ini bukan dilakukan sepihak oleh Pemerintah RI, namun, atas dasar musyawarah bersama dengan pihak Kerajaan Saudi Arabia. 

"Tentunya dengan pertimbangan antara kemaslahatan dan kemudaratan. Justru kemudaratan lebih besar jika Calon Jamaah Haji tahun ini jadi diberangkatkan. Karena, Pandemi Covid 19 saat ini belum ada tanda-tanda mengalami penurunan signifikan," ujarnya.

Untuk diketahui, tahun ini di Sumba Timur ada 12 calon jamaah haji yang batal diberangkatkan.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved