Breaking News:

Rusia Ungkap 5 Negara Asia Tenggara Tertari Beli Jet Tempur Multiperan Su-57, Termasuk Indonesia?

Teknologi pesawat tempur Rusia tak penah kalah dari Amerika Serikat Bila Ameika punya pesawat tempur tercanggih F-35 yang punya kemampuan siluman, kin

Editor: Alfred Dama
via Kontan.co.id
Su-57 Rusia Ungkap 5 Negara Asia Tenggara Tertari Beli Jet Tempur Multiperan Su-57, Termasuk Indonesia? 

POS KUPANG.COM -- Teknologi pesawat tempur Rusia tak penah kalah dari Amerika Serikat
Bila Ameika punya pesawat tempur tercanggih F-35 yang punya kemampuan siluman, kini Rusia juga punya pesawat tempur siluman generasi ke 5 yang juga punya kemampuan siluman bahkan disebut lebih hebat dari pesawat generasi yang sama dengan Rusia

Bahkan kini pesawat terbaru Rusia itu sudah dijual ke negara-negara lain. Apakah Indonesia juga berminat?

Lima negara Asia Tenggara menunjukkan minat pada jet tempur multiperan generasi kelima buatan Rusia Sukhoi Su-57 , CEO Rosoboronexport Aleksandr Mikheyev mengatakan pada Selasa (1/6).

"Kami sedang melakukan negosiasi dengan beberapa negara. Kami melihat permintaan dan minat. Asia Tenggara, empat atau lima negara (menunjukkan minat mereka)," kata Mikheyev kepada kantor berita TASS.

Baca juga: Indonesia Buat Pesawat Tempur Canggih Setara F-35 AS Bersama Korea,  KF-X Siap Meluncur Bulan Depan

Baca juga: Rusia Miliki Jet Tempur Su-57 Super Canggih, Hancurkan Target di Udara, Darat dan Laut, AS Keder?

Baca juga: Digadang Paling Canggih, Angkatan Udara AS Keluhkan Jet Siluman F-35 Bermasalah dan Perlu Pengganti

Hanya, Mikheyev tidak menyebutkan, negara Asia Tenggara mana saja yang tertarik membeli jet tempur Su-57.

Sukhoi Su-57 adalah jet tempur multiperan generasi kelima buatan Rusia yang dirancang untuk menghancurkan semua jenis target, baik udara, darat, maupun laut.

Jet tempur ini memiliki fitur teknologi siluman dengan penggunaan material komposit yang luas, dan mampu mengembangkan kecepatan jelajah supersonik.

Bukan cuma itu, Su-57 dilengkapi dengan peralatan radio-elektronik onboard paling canggih, termasuk komputer onboard kuat yang disebut pilot kedua elektronik.

Kemudian, sistem radar Su-57 tersebar di seluruh tubuhnya dan beberapa inovasi lainnya, khususnya persenjataan yang ditempatkan di dalam badan pesawat.

Jet tempur Su-57 mengudara untuk pertama kalinya pada 29 Januari 2010. Dibanding pendahulunya, Su-57 menggabungkan fungsi pesawat serang dan jet tempur.

Sementara penggunaan material komposit dan teknologi inovasi juga konfigurasi aerodinamis di Su-57 memastikannya tidak mudah dilacak radar dan inframerah musuh.

Persenjataan Su-57 akan mencakup, khususnya, rudal hipersonik. Jet tempur generasi kelima ini berhasil diuji dalam kondisi pertempuran di Suriah

Angkatan Bersenjata Rusia menerima Su-57 pertama pada 2020, dan akan mendapatkan 22 unit lagi hingga akhir 2024. Jumlah terus bertambah menjadi 76 unit pada 2028.

Sebagian artikel ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul: 5 Negara Asia Tenggara tertarik beli jet tempur multiperan Rusia Su-57 

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved