Breaking News:

Akhirnya Warga China Boleh Punya Anak 3 Orang, Dongkrak Angka Kelahiran

Setelah data terbaru menunjukkan penurunan dramatis dalam angka kelahiran di negara terpadat di dunia, kini China memperbolehkan satu keluarga untuk m

Editor: Alfred Dama
via kontan.co.id
Akhirnya Warga China Boleh Punya Anak 3 Orang, Dongkrak Angka Kelahiran 

POS KUPANG.COM -- Jumlah penduduk China tahun 2020 tercatat mencapai 1.394.015.977 jiwa

Pertumbuhan jumlah penduduk China terus melambar setelah kebijakan satu anak diterapkan.

Namun kini, Pemerintah China merasakan jumlah tersebut terlalu sedikit untuk negara seluas China

Terbaru, Pemerintah China mengeluarkan kebijakan terbaru soal keluarga pada hari Senin (31/5/2021).

Setelah data terbaru menunjukkan penurunan dramatis dalam angka kelahiran di negara terpadat di dunia, kini China memperbolehkan satu keluarga untuk memiliki tiga anak.

Melansir Reuters, Beijing membatalkan kebijakan satu anak yang sudah berusia puluhan tahun pada tahun 2016, dan menggantinya dengan batas dua anak. Kebijakan ini bertujuan untuk mencegah risiko ekonomi dari populasi yang menua dengan cepat.

Namun, kebijakan itu gagal menghasilkan lonjakan kelahiran yang berkelanjutan mengingat tingginya biaya membesarkan anak di kota-kota Tiongkok . Ini sebuah tantangan yang masih berlanjut hingga hari ini.

"Perubahan kebijakan akan diterapkan dengan langkah-langkah yang mendukung, yang akan kondusif untuk meningkatkan struktur populasi negara kita, memenuhi strategi negara untuk secara aktif mengatasi populasi yang menua," kata kantor berita resmi Xinhua setelah pertemuan politbiro yang dipimpin oleh Presiden Xi Jinping

Di antara langkah-langkah itu, China akan menurunkan biaya pendidikan untuk keluarga, meningkatkan pajak dan dukungan perumahan, hingga menjamin kepentingan hukum perempuan yang bekerja. China juga akan mendidik kaum muda tentang pernikahan dan cinta.

Reuters memberitakan, berdasarkan data terbaru, China memiliki tingkat kesuburan hanya 1,3 anak per wanita pada tahun 2020.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved