Breaking News:

Walikota Kupang Ajak Pelaku UMKM Manfaatkan Platform Digital

Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore, mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Kupang memanfaatkan sebaik mun

Editor: Ferry Ndoen
istimewa
acara webinar dan workshop dengan tema “Mendorong Kreasi & Inovasi UMKM Flobamora” 

Walikota Kupang Ajak Pelaku UMKM Manfaatkan Platform Digital

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore, mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Kupang memanfaatkan sebaik mungkin platform digital untuk peningkatan perekonomian.

Ajakan ini dikatakan walikota Jefri dalam sambutannya pada acara webinar dan workshop dengan tema “Mendorong Kreasi & Inovasi UMKM Flobamora”, yang diselenggarakan Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim bersama Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kamis, 27 Mei 2021 secara daring dan tatap muka. 

Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada presiden Jokowidodo dan pemerintah pusat atas gagasan untuk melaksanakan kegiatan ini. 

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat meningkatkan kreativitas para pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

Jefri menyebutkan, pandemi covid 19 yang berkepanjangan dan badai siklon seroja yang melanda beberapa waktu lalu mengakibatkan perekonomian di kota Kupang jadi terganggu. 

“Kiranya kegiatan ini bisa membina kembali UMKM sebagai fondasi kuat perekonomian baik di kota Kupang, NTT maupun secara nasional,” imbaunya. 

Kegiatan ini, diharapkannya, bisa mengajarkan para pelaku UMKM  memasarkan produknya dengan memanfaatkan platform digital. Selama ini, kata dia, Bank Indonesia terus memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM di Kota Kupang lewat bantuan sarana dan prasarana.

"Kegiatan ini juga Pemkot Kupang semakin terdorong untuk terus mendukung perkembangan UMKM di Kota Kupang," ujarnya, dalam keterangan pers yang diterima pos Kupang, Jumat 28 Mei 2021.  

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Kominfo RI, Philip Gobang yang menjadi  keynote speech pada kegiatan tersebut mengakui sektor komunikasi dan informasi menjadi tulang punggung pemulihan ekonomi nasional dan mempercepat proses transformasi digital. Sektor digital menurutnya terbukti telah menjadi kontributor besar pertumbuhan ekonomi Indonesia di era pandemi.

Untuk itu, lanjutnya, UMKM sebagai salah satu pilar utama dalam perekonomian nasional harus mampu memanfaatkan teknologi informasi agar terus berkembang maju, bangkit dan naik kelas.

Menurutnya, Transformasi digital menjadi sebuah keharusan bagi UMKM. Metode transaksi pun telah bergeser, yang semula tatap muka menjadi elektronik (e-commerce). Kominfo mendorong agar UMKM masuk ke dalam ekosistem digital untuk membantu bisnis mereka, salah satunya melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Ditambahkannya selama pandemi, Kementerian Kominfo telah membangun 7.634 titik lokasi internet gratis di seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat agar bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk meningkatkan perekonomian digital.

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat diedukasi utk manfaatkan akses internet secara positif, produktif dan ekonomis, tidak hanya sekedar untuk bermedia sosial saja. (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi)

acara webinar dan workshop dengan tema “Mendorong Kreasi & Inovasi UMKM Flobamora”
acara webinar dan workshop dengan tema “Mendorong Kreasi & Inovasi UMKM Flobamora” (istimewa)
acara webinar dan workshop dengan tema “Mendorong Kreasi & Inovasi UMKM Flobamora”
acara webinar dan workshop dengan tema “Mendorong Kreasi & Inovasi UMKM Flobamora” (istimewa)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved