Breaking News:

Bupati Minta Camat Nangapanda Kembangkan Potensi Pertanian dan Perkebunan

Bupati Kabupaten Ende Djafar Achmad meminta agar pemerintah Kecamatan Nangapanda mengembangkan potensi pertanian

Penulis: Laus Markus Goti | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI
Bupati Ende Djafar Achmad saat menyerahkan santunan BP Jamsostek di sela kegiatan serah terima jabatan camat Nangapanda, Rabu (19/5/2021). 

POS-KUPANG.COM | ENDE - Bupati Kabupaten Ende Djafar Achmad meminta agar pemerintah Kecamatan Nangapanda mengembangkan potensi pertanian dan perkebunan di wilayah Nangapanda.

Sehubungan dengan itu, Bupati mendorong camat agar membangun sinergi dan kerja sama yang baik dengan tokoh agama dan adat untuk saling mendukung dalam mengembangkan potensi sumber daya alam yang ada.

Hal itu disampaikan Bupati Djafar saat acara serah terima jabatan, Rabu (19/5/2021) di Nangapanda. Bupati berharap, Irwan Nuah, camat Nangapanda, mampu menggerakkan tiga batu tungku yakni Forkopimcam, tokoh agama dan adat.

"Saya minta Camat harus mampu membangun kerja sama dengan semua pihak, kembangkan pertanian, perkebunan, agar hasil pertanian dan perkebunan bisa di pasarkan secara langsung dengan harga yang memadai" kata Bupati Djafar.

Baca juga: Pemda Ngada Tanda Tangan Nota Kesepakatan dengan Kemkominfo RI Terkait Smart City

Baca juga: Di Hadapan Pendemo, Kajari Lembata Janji Tuntaskan Kasus Tanah Desa Merdeka

Tidak hanya itu, Bupati juga, meminta dengan sinergi tiga batu tunggu, segala persoalan di tingkat kecamatan, semestinya bisa diselesaikan, tidak harus ditangani Bupati atau pemerintah tingkat kabupaten.

Melihat potensi pertanian dan perkebunan di wilayah Nangapanda, Bupati mendorong agar adanya akses pasar yang mudah dan efisien bagi para petani. Selain itu, BUMDes juga perlu dibangkitkan.

Catatan POS-KUPANG.COM, terkait upaya membangkitkan BUMDes, beberapa waktu lalu, dilaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas pemerintah desa oleh Yayasan Tanaoba Lais Manekat Gereja Masehi Injili Timor.

Pelatihan ini membedah dan bagaimana menjabarkan UU Nomor 6 Tahun 2014, tentang desa, agar desa lebih berdaulat dan mandiri.

Baca juga: Bupati Manggarai Buka Musrenbang RPJMD Kabupaten Manggarai Tahun 2021-2026

Baca juga: Final, Golkar NTT Umumkan 343 Bakal Calon Kepala Daerah Seluruh NTT

Dampak implementasi dari UU ini, yakni terjadinya pembangunan di desa secara menyeluruh.

Wilayah Nangapanda dinilai punya potensi ganda. Selain potensi pertanian dan perkebunan, ada juga potensi kelautan.

Namun potensi sumber daya alam yang ada ini tentu mesti didukung dengan akses dan sumber daya manusia sehingga potensi sumber daya alam yang ada bisa berdayaguna. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oris Goti)

Berita Kabupaten Ende

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved