Breaking News:

23 Hari Pimpin Belu, Bupati Agus Taolin Kirim Dua Dokter Sekolah Spesialis

Pemerintah Kabupaten Belu dibawah kepemimpinan Bupati Agustinus Taolin Wakil Bupati Aloysius Haleserens, memenuji Janji kampanye

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Bupati Belu dr. Agustinus Taolin Sp.PD dan Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM kompak selalu. 

POS-KUPANG.COM| ATAMBUA-----Pemerintah Kabupaten Belu dibawah kepemimpinan Bupati dr. Agustinus Taolin Sp.PD Wakil Bupati Drs. Aloysius Haleserens, MM secara perlahan-lahan memenuhi visi-misi dan Janji kampanye tentang peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Belu.

Duet kepemimpin yang dikenal dengan tagline Sehati ini menggambil titik star dari SDM kesehatan yakni dokter spesialis.

Baru 23 hari menjabat sebagai bupati dan wakil bupati Belu, dr. Agustinus Taolin dan Aloysius Haleserens sudah mengirim dua dokter untuk sekolah lanjut menggambil Spesialis Bedah Urologi.

"Pemerintah sudah mengirim dua dokter untuk sekolah mengambil spesialis Bedah Urologi", kata Bupati Belu dalam arahannya saat rapat kerja dengan para camat, lurah dan kepala desa di Gedung Betelalenok Atambua, Selasa (18/5/2021).

Baca juga: Menyedihkan, Kir Kendaraan di Malaka Harus ke TTS dan Kupang

Baca juga: Indomaret Selasa 18 Mei 2021 Beli Garnier Rp20 Ribu Diskon Rp5.000, Koko Crunch +Rp2.000 Dapat 2 Cup

Menurut Agus Taolin, mengirim dokter untuk sekolah lanjut spesialis merupakan upaya pemerintah dalam mempersiapkan SDM supaya melayani masyarakat Kabupaten Belu. Walaupun investasi SDM itu membutuhkan waktu panjang atau lama tapi pemerintah harus bisa lakukan itu sebagai wujud dari sebuah perubahan menuju masyarakat Belu yang sehat, bermartabat dan kompetitif.

"Kita siapkan SDM yang baik dalam rangka membuat orang Belu yang bermartabat dan kompetitif oleh karena itu harus di sekolahkan. Jadi kita mengurus SDM memang tidak cepat tapi membutuhkan waktu yang lama", ungkap Agus Taolin.

Lebih lanjut, dokter spesialis penyakit dalam ini mengatakan, upaya peningkatan SDM lewat pendidikan S2 dan S3 tak hanya orang kesehatan tetapi semua anak-anak Belu yang kuliah di bidang apa saja serta memiliki prestasi dan memenuhi kriteria. Bahkan ke depan, pemerintah akan memperhatikan khusus anak-anak Belu yang ingin melanjutkan sekolah S2 bahkan S3 di bidang pertanian dan peternakan. Hal ini sejalan dengan potensi utama Kabupaten Belu yakni pertanian dan peternakan.

Baca juga: Israel Bertekad Hancurkan Hamas Sampai ke Akar-akarnya, IDF Akan Terus Menyerang Jalur Gaza

Baca juga: Hingga 18 Mei 2021 Terdapat 31 Warga Sumba Barat Meninggal Dunia Akibat Terserang Virus Corona

Bupati Agus Taolin optimis, peningkatan SDM di bidang kesehatan, khususnya dokter spesialis dipandang sebagai kebutuhan dasar yang harus dipenuhi pemerintah agar memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Belu. Apalagi salah satu program prioritas dari duet kepemimpin yang dikenal dengan sebutan "Menuju Perubahan" ini adalah peningkatan sumber daya manusi (SDM) melalui pendidikan dan kesehatan.

Tak hanya kesehatan, lanjut Agus Taolin, SDM di bidang perikanan, pertanian, peternakan dan bidang lainnya tetap diperhatikan selama masa kepimpinan mereka. Salah satu alasannya adalah data SDM Kabupaten Belu untuk S3 saat ini hanya 0,2 persen.

Untuk itu, pemerintah terus memperhatikan peningkatan SDM meski membutuhkan waktu lama.

"Mengurua SDM tidak cepat, bisa mencapai puluhan tahun.
Investasi SDM itu panjang supaya menjadi orang-orang cerdas dan hebat", ujar Bupati Belu sembari mencontohkan perjalanan pendidikan Menteri Kesehatan RI yang bersekolah sampai ke luar negeri.

Pantauan Pos Kupang.Com, rapat kerja dengan para camat, lurah dan kepala desa itu dihadiri Wakil Bupati Belu, Aloysius Haleserens dan Penjabat Sekda Belu, Frans Manafe, S.Pi dana Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Belu, Johanes Andes Prihatin SE.,M.Si. Usai beri arahan dilanjutkan dengan dialog yang dipandu Pj. Sekda Belu, Frans Manafe. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Berita Kabupaten Belu

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved