Breaking News:

Minta Saksi Ditambah, Pembacaan Tuntutan Rizieq Shihab Ditunda ke Pasca Lebaran, Begini Kata Hakim

Sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur dengan agenda pembacaan tuntutan jaksa penuntut umum, ditunda hingga pasca Hari Raya Idul Fitri.

Editor: Frans Krowin
Tribunnews.com
Rizieq Shihab saat dihadirkan sebagai terdakwa dalam perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin 10 Mei 2021.Sidang ini ditunda pelaksanaannya ke pasca Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah atau tahun 2021. 

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur dengan agenda pembacaan tuntutan jaksa penuntut umum, ditunda hingga pasca Hari Raya Idul Fitri.

Penundaan sidang tersebut setelah majelis hakim mengakomodir permohonan Tim Penasihat Hukum Rizieq Shihab yang meminta penambahan saksi.

Sidang dengan agenda pembacaan tuntutan itu sejatinya dilaksanakan pada Senin 10 Mei 2021.

Namun sidang itu ditunda setelah majelis hakim merembukkan sidang dengan agenda tersebut.

Keputusan menunda sidang itu dilakukan majelis hakim setelah tim kuasa hukum Rizieq mengajukan penambahan saksi ahli untuk kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat yang harusnya sudah rampung.

Pihak JPU awalnya mengajukan keberatan karena sidang hari ini sudah diagendakan pembacaan tuntutan untuk Rizieq.

Majelis hakim juga awalnya sempat keberatan dengan permintaan yang disampaikan tim kuasa hukum terdakwa Rizieq Shihab.

Tapi setelah tim kuasa hukum itu menyampaikan alasannya, majelis hakim pun bermusyawarah lalu menyetujui sidang tuntutan kasus kerumunan Petamburan itu ditunda ke Pasca Lebaran.

Usai mengakomodir permintaan penasihat hukum terdakwa Rizieq Shihab, majelis hakim lantas mengajukan syarat yang harus dipenuhi terdakwa dan tim kuasa hukumnya.

"Konsekuensinya di pembelaan (pledoi) nanti. Kalau hari Senin itu tanggal 17 Mei, itu terakhir tidak ada lagi saksi yang dihadirkan. Kasih waktu tanggal 20 (Mei) pembelaan ya. Setelah itu baru putusan, apakah itu hari Jumat atau apa," lanjut Suparman.

Baca juga: Rizieq Shihab Mengeluhkan Suasana Hidup di Penjara, Ferdinand Langsung Respon: Mana Garangmu Zieq?

Baca juga: Andi Arief Sebut Habib Rizieq Shihab Pantas Ditangguhkan Penahanannya Seperti Jumhur Hidayat Kenapa?

Baca juga: Jelang Idul Fitri, Habib Rizieq Shihab Minta Penangguhan Penahanan, Mungkinkah Dikabulkan? Simak Ini

Tim kuasa hukum Rizieq menyatakan bahwa saksi ahli yang hendak mereka hadirkan pada sidang lanjutan kerumunan Petamburan, merupakan ahli bahasa dan ahli kesehatan terkait Covid-19.

Hanya saja tim kuasa hukum Rizieq tidak merinci dua sosok ahli yang hendak mereka hadirkan guna membantah dakwaan JPU dalam kasus kerumunan warga di Petamburan, Jakarta Pusat.

"Kami masih meminta kepada majelis hakim, paling tidak diberi kesempatan. Ada ahli bahasa, dan ada ahli yang berkaitan dengan Covid-19," tutur anggota tim kuasa hukum Rizieq.

Berita Terkait Lainnya Ada Di Sini
(*)

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Majelis Hakim Tunda Pembacaan Tuntutan Rizieq Shihab dalam Kasus Kerumunan Petamburan

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved