Breaking News:

Ramadan 2021

Penguatan Iman dan Takwa Menghadapi Masa Pandemi

Virus corona melum selesai. Wabah Virus Corona salasatu ujian bagi kita agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Editor: Rosalina Woso
Penguatan Iman dan Takwa Menghadapi Masa Pandemi
POS KUPANG.COM/ISTIMEWA
Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik di Universitas Muhammadiyah Kupang.

Penguatan Iman dan Takwa Menghadapi Masa Pandemi

Oleh : Syarifuddin Darajat
Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Kupang

Jarak sosial di dalam beribadah masih dilakukan oleh umat Islam di bulan suci ramadhan tahun 2021. Hal ini dilakukan karena penyebaran wabah Virus corona melum selesai. Wabah Virus Corona salasatu ujian bagi kita agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 Dalam Alqur’an Allah SWT menegaskan Bahwa: “ Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar (Albagarah, 155). 

Dalam Perspektif Ulama wabah ini disebut dengan Tho’un, yang penyebarannya menular sangat cepat, sehingga perlu dicegah dengan Cara lockdown dan social distancing, seperti Hadist Nabi Bahwa: “Jika kamu mendengar wabah disatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya, tapi jika terjadi wabah ditempat Kamu berada maka jangan kamu tinggalkan tepat itu. (HR. Bukhari).

 Secara rohaniah kaum muslimin harus siap menghadapi kondisi musibah ini dengan Alqur’an sebagai pedoman hidup Bahwa semua kembali kepada Allah sebagai sandaran utaman: (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “sesungguhnya kami milik Allah dan hanya kepada-Nyalah kami kembali“(Albaqaroh 107). 

Baca juga: Jelang Ramadan 2021, Stok Daging Ayam, Sapi dan Telur di Labuan Bajo Mencukupi

Wabah Corona menyerang Jasadiah (Fisik), karena itu secara medis, perlu penanganan oleh Paramedis atau ahli kesehatan. Namun secara rohaniah juga sangat diperlukan  dengan penguatan iman lewat  pendekatan kepada Tuhan melalui ibadah Kepada Allah SWT.

Secara Jasadiah Virus wabah Corona hanya bisa diatasi dengan ilmu Pengetuan dan Teknologi. Dalam Alqur’an Allah Tegaskan Bahwa” Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.

(QS. YUNUS 10:57). Sedangkan secarah rohaniah perlu pendekatan yang lebih jauh melalui pendekatan Keagamaan karena bisa berdampak secara psikologis terhadap sikap putus asa dan bunuh diri. Perlu keterlibatan para ulama dalam melakukan penguatan secara rohaniah. Allah SWT menegaskan Bahwa:“Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah: ‘Rub itu termasuk urusan Rabb-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.’” (QS. Al-Israa’: 85).

Penyebaran Virus Corona telah menimbulkan kesenjangan Sosial, disorganisasi dan disfungsi sosial hampir pada semua aspek kehidupan sosial, budaya, pendidikan, ekonomi dan politik bahkan sampai pada bidang kesehatan, dimana Para medispun dan pasien bisa saling ragu melakukan hubungan sosial karena waspada terjangkit virus corona (Covid 19).

Baca juga: Ramadan 2021, Salimah di Kabupaten Ende Turun ke Jalan Bagi - bagi Takjil

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved