Breaking News:

Ramadan 2021

Konvoi Malam Takbiran Tidak Ditiadakan, Sholat Idul Adha di Lapangan Puspenmas Soe

Nantinya Pawe takbiran diganti dengan pengumuman keliling oleh pengurus panitia hari raya besar

Penulis: Dion Kota | Editor: Rosalina Woso
PK/Dion Kota
Ketua MUI Kabupaten TTS, H. Rahmat Hasan 

Konvoi Malam Takbiran Tidak Ditiadakan, Sholat Idul Adha di Lapangan Puspenmas Soe

POS-KUPANG.COM  | SOE -- Ketua MUI, Ketua MUI Kabupaten TTS, H. Rahmat Hasan Pawe malam takbiran untuk lebaran tahun ini masih Ditiadakan. Hal ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

"Untuk malam takbiran memang tidak ada Pawe. Kita sudah koordinasi juga dengan Polres TTS terkait hal tersebut. Nantinya Pawe takbiran diganti dengan pengumuman keliling oleh pengurus panitia hari raya besar ," ungkap Rahmat kepada Pos-Kupang.Com, Rabu 5 Mei 2021 malam.

Terkait buka puasa bersama dikatakan Rahmat, selama ini pihaknya memang tidak pernah menggelar buka puasa bersama. 

Hanya kemarin, Selasa 4 Mei 2021 Pemda TTS menggelar buka puasa bersama di aula Polres TTS. Itu pun semua dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan.

"Selama ini kita memang tidak pernah gelar buka puasa bersama," ujarnya.

Terkait pelaksanaan sholat idul Adha lanjut Rahmat tetap akan digelar di lapangan Puspenmas Kota Soe. Pihaknya telah berkoordinasi dengan tim gugus tugas kabupaten TTS guna pelaksanaan sholat idul Adha tersebut.

"Sholat idul Adha tetap kita gelar di lapangan Puspenmas Kota Soe. Karena jumlah umat Islam di Kota Soe tidak banyak, saya perkirakan  tidak akan memenuhi lapangan tersebut. Jadi protokol kesehatan bisa tetap jalan," terangnya. 

Diberitakan sebelumnya, Dandim 1621 TTS, Letkol CZI Koerniawan Pramulyo menegaskan, untuk konvoi malam takbiran di Kabupaten TTS tidak diperbolehkan. Sebagai alternatif, malam takbiran dilaksanakan di Masjid.

"Sudah ada surat yang masuk mau melakukan konvoi malam takbiran tetapi tidak kami ijinkan karena situasi Pandemi Corona yang sedang melanda negeri ini. Sebagau alternatif, malam takbiran dilakukan di dalam masjid," ungkap Dandim Koerniawan dalam rapat persiapan protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru pada pelaksanaan sholat idul Adha yang berlangsung di Markas Kodim TTS, Selasa 28 Juli 2020 pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan RSUD Soe, Dokter Dodi, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupatem TTS, Matilda Kase, perwakilan Kantor Kementerian Agama Kabupaten TTS, Ismail, Ketua MUI, Ketua MUI Kabupaten TTS, H. Rahmat Hasan, Muhamad Uba, Ketua Dewan Masjid Kabupaten TTS dan beberapa undangan lainnya.

Dalam rapat persiapan tersebut membahas beberapa hal di antaranya, pelaksanaan sholat Idul Adha, pemotongan hewan kurban dan pembagian hewan kurban.

Untuk pelaksanaan sholat Idul Adha, Dandim Koerniawan menegaskan pelaksanaannya tetap berpatokan pada protokol kesehatan.

Mulai dari pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, menggunakan masker dan  menjaga jarak. Selain itu, kontak fisik seperti bersalaman atau berpelukan usai sholat Idul Adha juga tidak diperbolehkan.(Laporan Reporter Pos-Kupang. Com, Dion Kota)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved