Breaking News:

Polres Manggarai Timur Gelar Rapat Koordinasi Operasi Ketupat 2021, Warga Dilarang Mudik

Polres Manggarai Timur Gelar Rapat Koordinasi Operasi Ketupat 2021, Warga Dilarang Mudik Pihak Kepolisian dari Polres Manggarai Timur, menggelar Rapat

POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Kapolres Manggarai Timur AKBP Nugroho Arie Siswanto didampingi Wakapolres Manggarai Timur, Kompol Ahmad, SH sedang memimpin Rapat. 

Polres Manggarai Timur Gelar Rapat Koordinasi Operasi Ketupat 2021, Warga Dilarang Mudik

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM | BORONG----Pihak Kepolisian dari Polres Manggarai Timur, menggelar Rapat Koordinasi dalam rangka Operasi Katupat Tahun 2021.

Rapat tersebut berlangsung di Aula Lantai 3 Polres Manggarai Timur, Senin (3/5/2021). 

Rapat itu dibuka langsung oleh Kapolres Manggarai Timur AKBP Nugroho Arie Siswanto, SH, didampingi Wakapolres Manggarai Timur, Kompol Ahmad, SH. Turut hadir dalam Rapat itu, Asisten II Setda Manggarai Timur yang juga sebagai Plt Kepala BPBD Kabupaten Manggarai Timur, Mikael Jaur, Kantor Kementerian Agama, Danramil 1612-04 Borong, Kapten Inf Zainudin, para Perwira dan Bintara Polres Manggarai Timur, Dinas Perhubungan Manggarai Timur, Sat Pol PP Manggarai Timur, para imam masjid, takmir masjid dan Remas.  

Kapolres Nugroho kepada POS-KUPANG.COM, menjelaskan, kegiatan Rapat Koordinasi Operasi Ketupat Tahun 2021 ini dalam rangka kegiatan lebaran dan mudik lebaran. Kegiatan Operasi itu dilakukan mulai tanggal 6-17 Mei 2021.

Dikatakan Kapolres Nugroho, dalam kaitan dengan hal ini, tata pelaksanaan salat Id dilakukan seperti biasa, namun dalam rangka mencegah penularan Covid-19, Salat Id dilakukan disetiap mesjid tidak berkumpul untuk salat di lapangan.

Meskipun salat di mesjid masing-masing namun tetap mengikuti protokol kesehatan seperti umat duduk berjarak, memakai masker dan mencuci tangan.

Dalam rangka Operasi Ketupat ini juga, jelas Kapolres Nugroho, umat muslim dan seluruh masyarakat Manggarai Timur dilarang untuk melakukan mudik hal ini berdasarkan instruksi Presiden RI. Karena itu, selain pihaknya melakukan pengamanan di Mesjid-mesjid, juga pihaknya akan membangun pos penjagaan di wilayah perbatasan Kabupaten Manggarai Timur.

"Jadi kita juga akan bangun pos penjagaan di perbatasan-perbatasan. Masyarakat dilarang mudik lebaran. Jika ada yang hendak keluar daerah dengan alasan tugas dinas, maka wajib menunjukan surat tugas dengan stempel dan tanda tangan basah, bukan discan,"jelas Kapolres Nugroho.

Selain melakukan penjagaan di daerah perbatasan dan pengamanan di mesjid, pihaknya juga akan melakukan pengamanan di seejumlah tempat-tempat wisata yang ramai dan sejumlah tempat keramaian lain seperti di pasar.

Kapolres Nugroho juga mengharapkan agar masyarakat untuk bersama-sama peduli dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Masyarakat diimbau untuk merayakan lebaran di rumah-rumah masing-masing tanpa melakukan mudik.

Wakapolres Manggarai Timur, Kompol Ahmad, SH juga menambahkan, pihaknya bersama Tim Gabungan siap melaksanakan pengamanan. Sebanyak 191 anggota polisi diterjunkan dalam operasi tersebut.

Dikatakan Ahmad, umat juga dilarang untuk melakukan takbiran keliling, namun dilaksanakan di mesjid masing-masing dengan total 79 mesjid di seluruh wilayah hukum Polres Manggarai Timur.

"Arus mudik kita larang total, bentuk pengamanan kita akan bangun pos pengamanan di perbatasan-perbatasan bagian timur, barat dan Utara,"kata Ahmad. (*)

Baca juga: Patroli Kemanusiaan, Kapolda NTT Bagi Bansos Bagi Warga Terdampak Bencana

Kapolres Manggarai Timur AKBP Nugroho Arie Siswanto didampingi Wakapolres Manggarai Timur, Kompol Ahmad, SH sedang memimpin Rapat.
Kapolres Manggarai Timur AKBP Nugroho Arie Siswanto didampingi Wakapolres Manggarai Timur, Kompol Ahmad, SH sedang memimpin Rapat. (POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO)
Penulis: Robert Ropo
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved