Dua Pelaku Pencurian Sapi Dijerat Pidana Penjara 7 Tahun

Tim Sat Reskrim Polres Kupang bersama dengan Polsek Fatuleu berhasil menangkap dua tersangka pencurian sapi di Desa Poto, Kecamata

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/RAY REBON
Kapolres Kupang, AKBP Aldinan RJH Manurung berikan keterangan kepada wartawan dalam jumpa pers Kamis (29/4). 

Dua Pelaku Pencurian Sapi Dijerat Pidana Penjara 7 Tahun

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ray Rebon

POS-KUPANG.COM | KUPANG-- Tim Sat Reskrim Polres Kupang bersama dengan Polsek Fatuleu berhasil menangkap dua tersangka pencurian sapi di Desa Poto, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang.

Dari penangkapan ini, pihaknya berhasil mengamankan kedua pelaku berinisial AM dan OT beserta barang bukti berupa 2 ekor sapi dan uang hasil penjualan kedua sapi  sebanyak Rp 11. 425. 000 dari tangan pelaku OT.

"Terkait dengan perbuatan Kedua pelaku akan dijerat pasal 363 ayat (1) dengan ancaman pidana penjara paling lama 7 tahun," kata Kapolres Kupang, AKBP Aldinan RJH Manurung kepada wartawan dalam jumpa pers Kamis (29/4).

Kapolres Kupang, AKBP Aldinan mengatakan modus operandi yang dilakukan oleh kedua pelaku tersebut adalah memasang jerat tepat dimana sapi-sapi biasa digembalakan.

"Kedua pelaku ini menunggu hasil jeratannya selama 3-4 hari,"

Kemudian jerat yang dipasang oleh kedua pelaku membuahkan hasil dua ekor sapi, dan kedua pelaku menjual hasil curiannya ke seorang saudagar di pasar lili.

Saat pihaknya melakukan pengamanan dan pemeriksaan terhadap kedua pelaku disinyalir dari kedua pelaku tersebut sudah melakukan pencurian hewan (sapi) berulang ulang kali.

Terkait dengan maraknya kasus pencurian sapi di wilayahnya, AKBP Aldian mengimbau agar warga masyarakat yang mengalami kehilangan hewan sapi dan ternak lainnya supaya jangan takut melaporkan kejadian teraebut.

Karena AKBP Aldian mengakui bahwa kesulitan pihaknya saat ini terdapat pada korban yang mengalami pencurian hewan pada kepolisian di polsek maupun polres.

"Saya mengharapkan agar masyarakat yang mengalami pencurian hewan supaya segera melaporkan kepada kami, agar menindaklanjutinya," jelas dia

Karena menurutnya, kejadian dan pengeluhan masyarakat ini adalah langkah, tugas dan tanggungjawab pihak kepolisian pertama.

Masyarakat jangan takut untuk melaporkan apabila mengalami pencurian hewan apa saja, karena pihaknya akan mengungkap persoalan tersebut sampai tuntas.

Baca juga: Striker Persipura Boaz Salossa Sebut Papua Dalam Kondisi Aman dan Kondusif, Duta PON XX Papua

Baca juga: Persipura Lolos Piala AFC Tanpa Play-Off, Boaz Salossa Katakan Mutia Hitam Persiapan Lebih Panjang

Dia menambahkan bahwa hingga saat ini, pihaknya telah mengungkap kasus pencurian hewan sapi beberapa kali dengan modus pelaku memasang jerat dan memotong sapi langsung di TKP.

Dengan pengungkapan pencurian sapi oleh kedua pelaku ini, dia mengimbau agar para pelaku yang berkeliaran untuk menyerahkan diri. 

Karena pihaknya sudah mengantongi beberapa nama pelaku dan mendeteksi nama beberapa pelaku lain yang sering melakukan pencurian hewan.

Baca juga: Pemkab Malaka Siap Amankan Perintah Mendagri Terkait Batas Wilayah

Baca juga: Di Kota SoE-TTS, Blessing Hotel Tetap Survive Ditengah Pandemi Virus Corona

Kapolres Kupang, AKBP Aldinan RJH Manurung berikan keterangan kepada wartawan dalam jumpa pers Kamis (29/4).
Kapolres Kupang, AKBP Aldinan RJH Manurung berikan keterangan kepada wartawan dalam jumpa pers Kamis (29/4). (POS-KUPANG.COM/RAY REBON)
Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved