Breaking News:

Eduard Tanur Menggenapi Mimpi Kelompok Tani Bitobe, Bikomi Utara

Eduard Tanur Menggenapi Mimpi Kelompok Tani Bitobe, Kecamatan Bikomi Utara Kabupaten TTU

ISTIMEWA
SIAPKAN LAHAN - Anggota Kelompok Tani Bitobe tengah menyiapkan lahan kelompok. 

Eduard Tanur Menggenapi Mimpi Kelompok Tani Bitobe, Kecamatan Bikomi Utara Kabupaten TTU

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Dua kakak beradik bermarga Kolo, yakni Serlina Kolo (27) dan Maria Kolo (31), hari-hari ini merasa bangga, senang dan terharu.

Mimpi kedua perempuan paruh baya asal Desa Banain A, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara ( Kabupaten TTU) ini kini menjadi nyata.

Melalui kemitraan antara Komisi IV DPR dan Kementerian Pertanian RI/Kawasan Pangan Lestari akhirnya memberi bantuan dana sebesar Rp 75 juta.

Baca juga: Update Kode Redeem ML Besok 26 April 2021, Buruan Klaim Kode Redeem Mobile Legends Terbaru

Baca juga: Camat Kewapante Kaget dan Prihatin Saat Sambangi Rumah Warga, Ternyata Ini Penyebabnya

Kehidupan keduanya nyaris sama dengan warga desa laiinnya. Topografi wilayah yang berbukit dan cuaca yang terik menjadi tantangan untuk mengolah lahan pertanian sebagai sumber pendapatan.

Nah, masalah yang dihadapi adalah modal usaha. Mereka memang tak punya biaya yang cukup dalam mengolah lahan pertanian atau minimal usaha pekarangan rumah.

Melalui anggota DPR RI, Eduard Tanur, S.H, keduanya mendapat informasi boleh mendapatkan dana dari kementerian asalkan melalui sebuah wadah/kelompok usaha pertanian.

Tak lama berselang kelompok wanita tani itu dibentuk dengan nama Bitobe. Semua persyaratan akhirnya dipenuhi hingga dana ini mengucur ke rekening Kelompok Bitobe

Baca juga: Kesedihan Istri ABK KRI Nanggala- 402, Baru 3 Hari Menikah Serda Ede Pandu Harus Bertugas Lagi

Baca juga: SN-KT Jadikan Malaka Sebagai Kota Berbudaya

Mengapa bantuan dari pemeritah diberikan melalui wadah kelompok? Maria Kolo mengatakan, untuk dapat melatih kaum perempuan dalam membangun kekompakan.
Selain itu kata Maria, untuk saling menguatkan dan saling mengisi. "Kami saling mensuport di situ,"kata Maria dibenarkan Serlina Kolo di desa itu, Jumat, 23 April 2021.

Maria mengatakan, saat ini mereka baru memulai usaha itu dengan menanam di pekarangan rumah masing-masing anggota dan di lahan milik kelompok.
Sedangkan Serlina mengatakan, anggota kelompok itu berjumlah 30 orang. Dengan dana itu mereka gunakan untuk membeli mesin pompa air, rumah bibit, bibit dan kebutuhan lainnya.

Baik Serlina dan Maria mengatakan, usaha ini semata untuk memenuhi kebutuhan domestik. Jika surplus dapat dijual di desa itu, desa-desa tetangga, dapat menyuplai kebutuhan sayur ke Kota Kefamenanu serta ke Distrik Oekusi, Negara Timor Leste yang letaknya hanya sejengkal dari desa itu.
Keduanya menyampaikan terima kasih kepada anggota DPR RI, Eduard Tanur yang telah membantunya. Mimpi Maria dan Serlina akhirnya tergenapi. (*/pol)

Berita Kabupaten TTU

Penulis: Paul Burin
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved