Breaking News:

Bantuan BNPB, Kerusakan Rumah Warga Diverifikasi Secara Faktual

Jumlah laporan kerusakan rumah warga di Kota Kupang melalui website serojakotakupang.wordpress.com terdapat 2.492 laporan

Penulis: Yeni Rachmawati | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/INTAN NUKA
Tampak papan reklame juga berjatuhan di Kota Kupang 

POS-KUPANG.COM | KUPANG-- Jumlah laporan kerusakan rumah warga di Kota Kupang melalui website serojakotakupang.wordpress.com terdapat 2.492 laporan dan telah ditutup.

Selanjutnya, akan ditindaklanjut dengan verifikasi dan validasi dan alur yang akan disampaikan kepada masyarakat.

Kata Kepala Bidang Layanan E-Goverment, Andre Otta, yang perlu diketahui ialah mereka yang sudah memberikan laporan terkait kerusakan dan kerugian yang dialami, belum tentu secara otomatis akan mendapatkan bantuan.

Karena, lanjutnya ada alur yang dilakukan yaitu verifikasi dan divalidasi, selanjutnya review dan uji publik serta tahapan lainnya.

Baca juga: Sampah Menumpuk Setelah Badai, Warga Kerja Bakti Bersihkan

Baca juga: HMI Datangi Pulau Kera Dalam Misi kemanusiaan Pasca Bencana Seroja di NTT

"Pada prinsipnya semua akan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Ada ketentuan-ketentuan yang menjadi prinsip yang telah disebarkan atau diinformasikan kepada masyarakat, dimana ada tiga kriteria kerusakan, yaitu kerusakan berat, sedang dan ringan seperti apa," tuturnya.

Dikatakan Otta, masing-masing kerusakan tersebut dinilai dan diverifikasi secara faktual sesuai dengan standar yang ada. Jadi digunakan basic foto kerusakan terhadap laporan yang masuk.

Karena ada warga yang sudah memperbaiki rumahnya secara mandiri, sehingga akan diverifikasi untuk mendapatkan bantuan walaupun sudah melakukan perbaikan secara mandiri.

Baca juga: Gara-gara Tidur dalam Keadaan Mabuk Uang Rp 7 Juta dan 2 HP Milik Dua Warga Sikka Digasak Maling

Baca juga: Seusai Karantina, 10 Pasien Positif Antigen di Sikka Pulang Rumah

"Untuk membantu proses dan membackup entry verifikasi data, pemerintah kota Kupang mendapatkan bantuan tenaga dari Stikom Uyelindo Kupang," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Berita Kota Kupang

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved