Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Sabtu 17 April 2021: SEBERANGI BATAS

Murid-murid Yesus menyeberangi danau Galilea ke Kapernaum. Tiba-tiba air danau bergelora, muncul gelombang yang membahayakan.

Renungan Harian Katolik, Sabtu 17 April 2021: SEBERANGI BATAS (Yohanes 6:16-21)

Oleh: Pater Steph Tupeng Witin SVD

POS-KUPANG.COM - Murid-murid Yesus menyeberangi danau Galilea ke Kapernaum. Tiba-tiba air danau bergelora, muncul gelombang yang membahayakan. Mereka lantas ketakutan. Tiba-tiba mereka melihat Yesus berjalan di atas air ke arah mereka. Ketakutan mereka kian bertambah. Tapi Yesus berkata kepada mereka, "Aku ini, jangan takut!"

Menyeberangi danau tak sekedar dibaca sebagai peristiwa biasa. Ini bermakna simbolis, langkah iman; sebuah passing over, langkah menyeberang iman yang semua murid harus melakukannya.

Dalam konteks injil Yohanes, penyeberangan di mana para murid melihat Yesus berjalan di atas air yang disangka hantu itu, terjadi setelah para murid menyaksikan mukjizat  pergandaan roti yang terlihat nyata (lih. Yoh 6:1-15). Itu berarti, penyeberangan setelah pergandaan roti, bermakna beralih atau passing over yang harus dilakukan oleh para murid: dari iman yang didasarkan pada mukjizat yang amat nyata, yang memenuhi kebutuhan jasmani , menuju iman yang merupakan kepercayaan utuh terhadap Yesus dan Sabda-Nya, di mana tak terlihat nyata, tidak masuk akal, tidak mungkin, bahkan menjadi batu sandungan.

Passing over ini bisa jadi merupakan sebuah langkah yang sulit, seperti badai dan gelombang yang menggoncangkan ketenangan batin. Ibarat krisis yang sering dialami dalam perkembangan hidup. Katakanlah dari fase menyusui ke fase disapih, dari masa tenang dan nyaman bersama orang tua ke kedewasaan dan kemandirian. Atau, ibarat setelah masa bulan madu, lalu muncul masa sulit dan konflik.

Meski begitu, betapa pun sulitnya, langkah passing over iman harus dijalani. Saat sulit memang harus dilalui, agar bisa melihat Tuhan yang datang menyapa, "Aku ini, jangan takut!" Saat krisis harus disadari sebagai saat terberkati untuk memperdalam iman.

Baca juga: Renungan Harian Katolik, Kamis 15 April 2021: BERPEGANG TEGUH

Hidup kita adalah perjalanan, peziarahan, dari ketidaktahuan menuju kebijaksanaan; dari cinta diri menuju cinta pemberian diri; dari rasa takut menuju rasa percaya; dari rasa bersalah menuju pembebasan batin; dari harga diri yang rendah menuju penerimaan diri. Hidup beriman kita pun adalah sebuah penyeberangan dari iman yang biasa ke arah lebih dalam, yang lebih matang. Kita bisa tetap melihat Tuhan hadir di saat-saat sulit. *

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Baca artikel-artikel renungan harian katolik lainnya DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved