Pasca Bencana Alam NTT

Gubernur Viktor Laiskodat Kunjungi Korban Bencana di Pulau Ndao, Nuse dan Lobalain

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat kembali mengunjungi Kabupaten Rote Ndao pada Jumat, 16 April 2021. Kunjungan kedua pasca bencana Siklon Trop

Penulis: Ryan Nong | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/Istimewa
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat saat meninjau warga di Kabupaten Rote Ndao, Jumat (16/4).  

Laporan Wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat kembali mengunjungi Kabupaten Rote Ndao pada Jumat, 16 April 2021. Kunjungan kedua pasca bencana Siklon Tropis Seroja itu dilakukan setelah rangkaian kunjungan ke wilayah Pulau Sumba. 

Gubernur menuju Baa, ibukota kabupaten Rote Ndao menggunakan Pesawat Carter Wings Air seri ATR 72-600 dari Waingapu. 

Selanjutnya, dari Bandara DC. Saudale, Gubernur Viktor Laiskodat didampingi Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu memantau Pulau Ndao dan Nuse dengan menggunakan Helikopter BNPB. Pulau Ndao dan Pulau Nuse merupakan dua dari 6 pulau yang berpenghuni di wilayah Kabupaten Rote Ndao. Total pulau di wilayah kabupaten paling selatan Indonesia itu berjumlah 107 pulau.

Setelah melihat kondisi kedua wilayah itu, Gubernur Viktor Laiskodat menginstruksikan jajarannya agar menyiapkan fasilitas penyeberangan dari dan ke kedua pulau itu. Gubernur menginstruksikan agar disiapkan kapal pemerintah yang dapat melayani penyeberangan dari Rote ke Ndao dan Nuse.

Selain itu, Gubernur Viktor Laiskodat juga meminta Bupati Paulina Haning  Bulu untuk mengkoordinasikan perahu nelayan untuk membantu melayani transportasi warga. Hal itu dilakukan untuk memperlancar arus transportasi dan distribusi logistik ke kedua pulau itu. 

"Segera koordinasikan dengan Kadis Perikanan, Kadis Perhubungan untuk mengirimkan Kapal dan berlabuh disana (Ndao dan Nuse), kasihan, masyarakat disana susah, bantu mereka untuk penyebrangan dan distribusi logistik," kata Gubernur Viktor Laiskodat kepada Kabag Protokol Biro Administrasi Pimpinan Setda NTT. 

Pantau Korban Bencana di Lobalain

Selain mengunjungi warga di Pulau Ndao dan Pulau Nuse, Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat didampingi Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bulu bersama rombongan juga mengunjungi korban dan warga yang terdampak bencana di Desa Kuli Aisele, Kecamatan Lobalain.

Di lokasi yang merupakan daerah translok itu, Gubernur Viktor Laiskodat memantau dan memastikan masyarakat di tempat pengungsian berada dalam kondisi sehat dengan ketersediaan logistik cukup. Gubernur juga memastikan dukungan pemerintah terhadap perbaikan rumah warga yang  terdampak bencana.

Kepada warga, Gubernur Viktor Laiskodat menjelaskan terkait skema intervensi pemerintah terutama Pemerintah Pusat terhadap perbaikan rumah yang rusak akibat badai.

"Terkait kondisi rumah yang rusak, Pemerintah Pusat akan menggantinya dengan uang sebesar Rp. 10 juta untuk rusak ringan, Rp. 25 juta untuk rusak sedang dan Rp. 50 juta untuk rusak berat. Bagi masyarakat yang rumahnya rusak berat, tidak diberikan uang tetapi dibangunkan langsung oleh Pemerintah supaya seragam," jelas Viktor Laiskodat.

Ia mengatakan, kebijakan itu dilakukan untuk menghindari ketimpangan di antara warga. 

Gubernur Viktor Laiskodat juga meminta pemerintah kabupaten Rote Ndao untuk segera mengajukan usulan terkait kerusakan dan kebutuhan embung dan irigasi kepada Pemerintah Provinsi NTT. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved