Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksinasi Covid-19 di NTT Tetap Dilaksanakan Ditengah Suasana Bencana, Ini Penjelasan Kadinkes NTT

Proses vaksinasi di Nusa Tenggara Timur tetap akan dilaksankan oleh pemerintah provinisi NTT meski provinsi ini baru saja di terp

foto: Irfan Hoi/
Kepala dinas Kesehatan Provinsi NTT, dr.Meseh Atupah. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Proses vaksinasi di Nusa Tenggara Timur tetap akan dilaksankan oleh pemerintah provinisi NTT meski provinsi ini baru saja di terpa berbagai bencana alam yang menyebabkan kerugian material dan juga banyaknya nyawa manusia yang turut menjadi korban.

Kepala Dinas Kesehatan Provinisi NTT, Meseh Atupah, mengatakan vaksinasi di NTT tetap dijalankan dan tidak ada pilihan lain.

"Lanjut, tidak ada pilihan," ujarnya singkat, Rabu 7 April 2021.

Di menjelaskan, meski di NTT baru saja tertimpa musibah bencana alam, namun bencana tersebut menurutnya telah berlalu sedangkan covid-19 di NTT masih ada, bahkan pada daerah terdampak masih sangat tinggi kasus covid-19.

Hal tersebut mendorong pihak Dinkes untuk terus melakukan upaya vaksinasi bagi masyarakat di NTT sebagai langkah pencegahan covid-19.

Baca juga: Dua Pasien Covid-19 di Sumba Timur Meninggal Dunia, Simak Info

Terkait dengan rekomendasi bagi para pengungsi agar tidak menimbulkan kerumunan, Atupah mengungkapkan telah memberikan rekomendasi ke daerah terdampak agar sedapat mungkin menghindari kerumunan. Namun, ia tidak membeberkan seperti apa rekomendasi tersebut.

Sebelumnya, diberitakan vaksinasi di NTT hingga awal bulan April 2021 baru mencapai hampir 10 persen
dari target vaksinasi sebanya 3,6 juta. Saat ini, jumlah penerima vaksin berada di angka 300 ribuan orang.

"Target vaksin sampai tahun depan bulan Maret" ujar kepala dinas kesehatan provinsi NTT, Meseh Atupah, Kamis 1 April 2021.

Ia mengatakan, target dari Dinkes NTT dan satuan tugas, dalam satu hari harus mampu melakukan proses vaksinasi sebanyak 10.000 penerima, namun dari laporan-laporan yang ia terima, target tersebut belum terpenuhi.

Dirinya menyampaikan, proses vaksinasi masih terus berlangsung dan vaksin-vaksin telah di distribusikan ke kabupaten Kupang masing-masing.

"Ada dua yang kita gunakan, vaksin sinovac dan AstraZeneca" tandasnya.

Dikatakannya, masyarakat agar tidak perlu takut untuk untuk melakukan vaksinasi, pasalnya kejadian ikutan pasca imunisasi masih dalam batas wajar dan tidak ditemukan adanya kejadian ikutan yang luar biasa.

Meseh mengklaim, saat ini alat penunjang pemeriksaan terus mengalami perbaikan-perbaikan sehingga tidak terjadi lagi antrian pemeriksaan tes PCR di laboratorium seperti beberapa bulan sebelumnya. Bahkan tempat tidur bagi pasien kini telah berangsur membaik seiring menurunnya covid-19 di NTT.

Ia juga menghimbau agar upaya pencegahan terutama menjelang perayaan paskah dan lebaran idul Fitri mendatang agar tetap dijalankan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi)

Kepala dinas Kesehatan Provinsi NTT, dr.Meseh Atupah.
Kepala dinas Kesehatan Provinsi NTT, dr.Meseh Atupah. (foto: Irfan Hoi/)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved