Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Kamis 8 April 2021: MENJADI SAKSI

Kedua murid yang mengalami penampakan dan kehadiran Yesus dalam perjalanan mereka ke Emaus berbalik arah; mereka bergegas kembali ke Yerusalem.

Foto Pribadi
Pater Steph Tupeng Witin SVD 

Renungan Harian Katolik, Kamis 8 April 2021: MENJADI SAKSI (Lukas 24:35-48)

Oleh: Pater Steph Tupeng Witin SVD

POS-KUPANG.COM - Kedua murid yang mengalami penampakan dan kehadiran Yesus dalam perjalanan mereka ke Emaus berbalik arah; mereka bergegas kembali ke Yerusalem.

Mereka menjumpai para murid lain yang memang lagi berkumpul. Tentu ada Simon dan murid yang dikasihi Yesus.

Mereka berdua pernah ke kubur dan menengok hingga ke dalam. Ada juga Maria dari Magdala dan Maria yang lain, dua wanita yang pertama ke kubur saat subuh.

Dalam pertemuan di ruang atas itu, para murid kiranya berbagi pengalaman iman tentang Yesus. Pengalaman bermacam-macam. Beberapa orang yang merasa berjumpa dengan Yesus yang bangkit pada kesempatan yang berbeda-beda pasti bercerita tentang apa yang mereka lihat dan alami.

Mungkin ada yang merasa paling dekat dengan Yesus. Ada yang merasa bahwa dirinyalah yang pertama kali berjumpa dengan Yesus. Barangkali saja ada kompetisi siapa yang paling dikasihi, paling utama, paling duluan. Mungkin pula terjadi saling menyanggah dan meragu-ragukan. Itu manusiawi.

Baca juga: Renungan Harian Katolik, Rabu 7 April 2021: TUHAN BERJALAN BERSAMA KITA

Yesus pasti tahu kondisi para murid. Dia memahami kebingungan mereka. Ia dapat membaca wajah dan pikiran mereka. Ia tentu menyadari bahwa kondisi itu bila dibiarkan bisa-bisa mereka akan saling menyisihkan. Paling parah mereka semua bisa tidak percaya bahwa Ia memang telah bangkit.

Maka, Yesus menampakkan diri kepada para murid saat mereka sedang bersama itu. Ia datang mengajar mereka lagi agar mereka dapat menyadari apa yang sesungguhnya terjadi.

Sang Guru itu ternyata tidak meninggalkan mereka. Mereka tetap diajari-Nya lebih jauh untuk mendalami apa yang dikatakan Kitab Suci tentang diri-Nya. Dan, Ia pun menunjukkan bukti bahwa diri-Nya betul hidup. "Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah" (Luk 24:39).

Tapi sesungguhnya ada juga alasan lain kenapa Yesus menampakkan dan menerangkan tentang diri-Nya dalam kebersamaan para murid itu. Dia berkata, "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit .... dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini" (Luk 24:46-48).

Dalam berbagai kesempatan masing-masing kita tentu mendapat dan memiliki pengalaman pribadi akan Tuhan. Kita boleh saling berbagi, share satu sama lain. Tentu bukan untuk menunjukkan siapa yang memiliki pengalaman terdekat, terindah, terbaik; melainkan ibarat sedang menyusun puzzle, untuk saling memperkaya dan membuat utuh gambaran pengalaman tentang Tuhan.

Soalnya, pengalaman memang bermacam-macam. Tapi sama arahnya. Satu pula intinya. Kita bersama sesungguhnya mendapat penegasan dari Sang Guru, "Kamu adalah saksi dari semuanya ini". *

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Simak artikel-artikel tentang renungan harian katolik DI SINI

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved