Breaking News:

Berita Kota Kupang Hari ini

Tak Hanya Foging, Brigade Lima Karang Taruna Juga Bagikan Ini pada Warga 

Brigade Lima Karang Taruna Kota Kupang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota kupang melakukan pengasapan/Foging di RT 10 Kelurahan Fatulu

Penulis: Yeni Rachmawati | Editor: Ferry Ndoen
istimewa
FOGING -- Brigade Lima Karang Taruna Kota Kupang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota kupang melakukan pengasapan/Foging di RT 10 Kelurahan Fatululi. 

POS-KUPANG.COM | KUPANG-- Brigade Lima Karang Taruna Kota Kupang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota kupang melakukan pengasapan/Foging di RT 10 Kelurahan Fatululi. Selain foging, tim Brigade Lima juga membagikan masker, abate dan stiker cara penanganan nyamuk yang baik dan benar.

Ketua Karang Taruna Kota Kupang, Stenly Boymau, mengatakan kegiatan ini wujud dan dukungan terhadap pemerintah dan masyarakat yang sedang bergelut dengan demam berdarah. Karena hingga saat ini sudah hampir 250 kasus DBD dengan dua warga kota Kupang meninggal. Karena itu Karang Taruna Kota Kupang pada pekan kemarin sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan untuk bekerjasama melakukan foging ini.

“Saya sudah bertemu ibu kadis kesehatan, bahwa saya siap kerahkan kader di kelurahan untuk berantas DBD. Kami bersinergi  dan Puji Tuhan ibu kadis mendukung kami dengan mengerahkan seluruh kekuatan. Kami dibantu operator lapangan dan juga empat mesin foging,” tuturnya.

Menurutnya foging ialah sebuah upaya jangka pendek yang dilakukan untuk memutus mata rantai sebaran nyamuk. Sedangkan jangka panjang, Karang Taruna sudah menyiapkan ribuan paket abate yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Abate ini diperoleh dari Dinkes provinsi NTT sebanyak 50 kg.

Koordinator Lapangan Brigade Lima, Jefri Tapobali mengatakan aksi foging yang dilakukan merupakan aksi yang kedua, setelah sebelumya dilakukan di RT 12, RW 05 Kelurahan Oebobo.

Ia menjelaskan Tim Brigade Lima Karang Taruna adalah adalah KOPASUS dari Karang Taruna Kota Kupang yang dibentuk oleh ketua Karang Taruna Kota Kupang. "Kami adalah tim reaksi cepat, beranggotakan beberapa ketua-ketua karang taruna dari beberapa kelurahan,” ujarnya.

Diakuinya saat ini, ada banyak permintaan dari warga agar Brigade Lima Karang Taruna bisa menjangkau wilayah mereka, namun terkendala ketiadaan alat sehingga kerja-kerja di lapangan masih mengikuti jadwal yang diberikan oleh Dinkes.
“Kami belum bisa bergerak sendiri karena ketiadaan alat foging. Ada beberapa pihak yang sudah siap membantu kami, semoga segera terealisasi agar kami bisa menjangkau banyak titik di Kota Kupang,” kata Jefri.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Naioni yang juga Koordinator Foging Kota Kupang, Feri Djelalu, menyampaikan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah nyamuk. Salah satunya dengan menanam tanaman Sereh. 

“Bapa, mama bisa tanam Sereh di rumah masing-masing. Bisa ditanam dalam pot atau di pekarangan rumah. Jika dalam pot, pada saat malam bisa dimasukkan ke dalam rumah. Cara ini bisa mencegah adanya nyamuk dalam rumah,” jelasnya.

Baca juga: Ini Penyebab Persija Kalah dari PSM Makassar, Terburu-Buru Lakukan Serangan ? Kata Pelatih Sudirman

Selain itu, lanjutntq untuk menghindari nyamuk jangan menggantung pakian setelah dipakai karena hal itu sangat disukai oleh nyamuk. Lakukan juga 3M plus. Menguras, menutup tempat penampungan air, mendaur ulang barang bekas/plastik, hindari gigitan nyamuk dengan tidur pakai kelambu dan memakai obat nyamuk dan tidak mengantung baju,” jelasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati).

FOGING -- Brigade Lima Karang Taruna Kota Kupang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota kupang melakukan pengasapan/Foging di RT 10 Kelurahan Fatululi.
FOGING -- Brigade Lima Karang Taruna Kota Kupang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota kupang melakukan pengasapan/Foging di RT 10 Kelurahan Fatululi. (istimewa)

Ist
FOGING -- Brigade Lima Karang Taruna Kota Kupang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota kupang melakukan pengasapan/Foging di RT 10 Kelurahan Fatululi.

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved