Breaking News:

Undana dan Pos Kupang Kerja Sama, Tingkatkan Pelayanan Publik dan Beri Pencerahan

Universitas Nusa Cendana Kupang ( Undana Kupang) melakukan penandatangan kerja sama dengan Pos Kupang

Penulis: F Mariana Nuka | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TEDY DIAZ
Penandatanganan Kerja Sama antara Undana dan Pos Kupang, Kamis (18/3/2021) 

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Universitas Nusa Cendana Kupang ( Undana Kupang) melakukan penandatangan kerja sama dengan Pos Kupang pada Rabu (18/3/2021) siang. Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Rektor Undana, Prof Fredrik L Benu dan Pimpinan Perusahaan Pos Kupang, Erniwaty Madjaga.

Dalam sambutannya, Fredrik mengakui bahwa Undana dan Pos Kupang telah melakukan penjajakan kerja sama, tapi terhalang akibat pandemi Covid-19. Undana memikirkan bagaimana meningkatkan pelayanan pendidikan tinggi, juga membangun jaringan agar rating Undana meningkat. Ia menilai, peningkatan rating tidak bisa dilakukan sendiri, tapi harus bekerja sama dengan berbagai pihak, khususnya media.

Baca juga: MK Tolak Gugatan Wily Lay dan Bria Seran, Pakar: Harus Legowo dan Bersatu

"Saya setiap tahun memiliki kontrak, harus memenuhi kontrak kinerja yang ditetapkan. Salah satu indikator kinerja yaitu soal ranking perguruan tinggi. Dulu kita masuk 100 besar di Indonesia, setelah perubahan indikator yang dipakai, kita keluar dari 100 besar. Kontrak saya dengan Pak Menteri itu harus masuk lagi 100 besar," jelasnya.

Penandatanganan Kerja Sama antara Undana dan Pos Kupang, Kamis (18/3/2021).
Penandatanganan Kerja Sama antara Undana dan Pos Kupang, Kamis (18/3/2021). (POS-KUPANG.COM / Tedy Diaz)

Ia pun meminta evaluasi dari para jajaran wakil rektor untuk mencari cara agar dapat meningkatkan rating ini. Salah satu cara adalah membangun jaringan dengan media lain yang tidak menjadi bagian internal kampus.

Baca juga: Masalah Aset Jadi Kendala Lembata Raih Opini WTP

Tak melulu soal rating, Fredrik menyambung bahwa kerja sama Undana dan Pos Kupang juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik kita di dunia pendidikan tinggi kepada seluruh masyarakat di NTT. Dengan adanya kerja sama itu, Fredrik berharap bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat di berbagai hal.

"Kita punya sumber daya yang cukup baik. Apalah arti sumber daya yang memadai ini tapi seperti menara gading saja dan tidak bermanfaat untuk orang lain? Mungkin sumber daya ini bisa kita manfaatkan untuk pihak luar, membangun NTT lewat media kerja sama yakni dengan Pos Kupang," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Fredrik pun berterima kasih atas momen kerja sama itu. Sementara Pimpinan Redaksi Pos Kupang Hasyim Ashari juga berharap, kerja sama Pos Kupang dan Undana bisa memberikan manfaat pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di NTT.

Sebelum penandatangan kerja sama, Undana telah hadir dalam Ngobrol Asyik Pos Kupang untuk membahas Kuliah Mudah Berkualitas.
Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di NTT, Undana terus memberikan pelayanan pendidikan tinggi yang mudah dan berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat. Dalam acara tersebut, Wakil Rektor I Undana Maxs Sanam hadir sebagai narasumber dan menjelaskan tentang alur penerimaan mahasiswa baru di Undana.

Penerimaan mahasiwa baru terbagi menjadi tiga jalur, yakni Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. Untuk jalur SNMPTN sendiri telah selesai dan dalam proses menanti pengumuman kelulusan pada tanggal 22 Maret 2021 mendatang. SNMPTN dapat diikuti oleh siswa SMA dan SMK yang berada di kelas XII dan seleksinya berbasis pada penilaian rapor dan portofolio.

Apabila tidak lulus, para calon mahasiswa ini bisa mengikuti SBMPTN. Sebelumnya, calon mahasiswa harus memiliki akun di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang mana pendaftarannya telah ditutup semenjak 12 Maret 2021 lalu. Namun, jalur ini dapat juga diikuti oleh lulusan SMA/SMK maksimum tahun 2019 dan paket C yang mana syarat usia pada 1 Juli 2021 tidak lebih dari 25 tahun. Adapun untuk mengikuti SBMPTN itu, calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang mana pendaftarannya telah dibuka dari 15 Maret 2021 hingga 1 April 2021. Ujiannya akan berlangsung dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada 12-18 April, sedangkan gelombang kedua mulai 26 April hingga 2 Mei 2021. Ujian dilakukan dua kali, yakni pagi dan siang selama seminggu.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved