Breaking News:

Relasi Community Bangun 36 Taman Baca Desa di Sabu Raijua NTT

komunitas anak muda itu telah membangun sebanyak 36 Taman Baca Masyarakat yang tersebar di 36 desa di wilayah itu.

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Ketua Umum FTBM NTT, Polikarpus Do bersama Ketua Relasi Community Adolfus Parera usai peresmian TBM Raboaba Cerdas di Kabupaten Sabu Raijua, Sabtu (13/3) pagi.   

Relasi Community Bangun 36 Taman Baca Desa di Sabu Raijua NTT

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Komunitas relawan berbagi inspirasi atau Relasi Community di Kabupaten Sabu Raijua terus menggiatkan kampanye literasi di negeri Rai Hawu itu. 

Sejak berdiri pada Februari 2018 silam, komunitas anak muda itu telah membangun sebanyak 36 Taman Baca Masyarakat yang tersebar di 36 desa di wilayah itu.

Taman Baca Masyarakat ke-36 yang dibangun adalah Taman Baca Relasi Community "Roboaba Cerdas" di Desa Raboaba, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua NTT.

Dengan kehadiran taman baca ke 36 itu, maka selama kurun 3 tahun, Relasi Community telah membangun taman baca di lebih dari separuh total desa yang berada di Sabu Raijua. Sabu Raijua sendiri memiliki 5 kelurahan dan 63 desa yang tersebar di 6 kecamatan. 

Taman Baca Masyarakat Raboaba Cerdas diresmikan penggunaannya oleh Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Polikarpus Do saat kunjungan kerja ke Kabupaten Sabu Raijua, Sabtu (13/3). 

Peresmian taman baca itu berlangsung pukul 11.00 Wita dengan ditandai pengguntingan pita oleh Ketua Umum FTBM NTT, Polikarpus Do dan pemberkatan oleh RD. Kanis Aty, Pr.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Desa Roboaba, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, sejumlah pengurus daerah FTBM Kabupaten Sabu Raijua serta pengurus Relasi Community Sabu Raijua.

Ketua umum FTBM NTT, Polikarpus Do memberi apresiasi untuk Relasi Community yang telah membangun puluhan TBM bagi masyarakat Sabu Raijua

Menurutnya, apa yang dilakukan telah memberi spirit bagi masyarakat untuk terus berjuang meningkatkan kecakapan literasi mereka. "Kita memberi apresiasi tinggi bagi para pegiat literasi di Sabu Raijua ini. Mereka telah membangun masyarakat melalui gerakan literasi," kata dia. 

Ketua Relasi Community, Adolfus Econk Parera menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung gerakan literasi di Kabupaten Sabu Raijua. Ia juga menyampaikan rasa syukur atas peresmian taman baca masyarakat itu. 

Pria yang juga menjabat Wakil Ketua Umum FTBM NTT itu  berharap agar taman baca yang dibangun dapat meningkatkan kecakapan literasi masyarakat di Kabupaten Sabu Raijua secara keseluruhan.

Sementara itu, dalam kunjungan kerja ke Sabu Raijua, selain meresmikan TBM Raboaba Cerdas, Ketua Umum FTBM NTT juga meresmikan Sekretariat Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Sabu Raijua dan melantik pengurus daerah FTBM Sabu Raijua serta melakukan kunjungan ke taman bacaan Relasi Community yang terdapat di dusun-dusun.

Baca juga: Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat : Vaksin Corona Sinovac Terbaik di Dunia  

Baca juga: Pedagang Pasar Oeba Turut Bahagia Umat Hindu Rayakan Hari Raya Nyepi

Untuk acara Pelantikan Pengurus Daerah FTBM Kabupaten Sabu Raijua dilaksanakan, Sabtu 13 Maret 2021 pukul 16.00 Wita di Aula Kantor Bupati Sabu Raijua. (hh)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved