Breaking News:

Peresmian Bendungan Napun Gete, Bupati Robby : Kabupaten Sikka Jadi Gerbang Industri Flores

Bendungan Napun Gete merupakan salah satu kegiatan prioritas pemerintah pusat sekaligus sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional

POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Presiden, Jokowi Bersama Menteri PUPR, Menseneg, Gubernur NTT dan Bupati Sikka saat berada di Bendungan Napun Gete, Sikka, Selasa, 23/2/2021 

Peresmian Bendungan Napun Gete, Bupati Robby : Kabupaten Sikka Jadi Gerbang Industri Flores

POS-KUPANG.COM | MAUMERE--Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.H, M.Si menyampaikan terima kasih kepada Presiden RI, Jokowi yang telah datang ke Sikka guna meresmikan Bendungan Napun Gete di Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka, Selasa (23/2/2021) sore.

Bupati Sikka yang disapa Bupati Robby mengawali sambutanya dengan pantun  "KEMBANG MELATI JANGAN DIPINDAHKAN BIARKAN TUMBUH BERDAHAN-DAHAN SELAMAT DATANG KAMI UCAPKANSEMOGA BERKAH BERKELIMPAHAN".

Hadir saat peresmian Napun Gete,  Menteri Sekretaris Negara, Dr. Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Ir. Basuki Hadimuljono, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur NTT, Yoseph Nae Soi, Pangdam Udayana, Forkompimda NTT dan Forkopimda Kabupaten Sikka.

"Dengan rasa haru dan bangga serta suka cita, kami menyambut kedatangan Bapak Presiden dan seluruh undangan untuk meresmikan Bendungan Napun Gete ini, di Desa Ilin Medo, Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka. Bendungan Napun Gete merupakan salah satu kegiatan prioritas pemerintah pusat sekaligus sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan PERPRES Nomor 109 Tahun 2020 dan mulai dibangun Desember Tahun 2016 dengan biaya sebesar Rp 880 miliar rupiah," kata Bupati Robby.

Ia menjelaskan, Bendungan Napun Gete  ini berkapasitas tampung 11,22 juta m3, luas genangan seluas 99,78 Ha, dengan debit air sebesar 214 liter/detik  yang akan dimanfaatkan untuk Irigasi seluas 300 Ha, kebutuhan pelayanan air minum bagi 200.000 jiwa atau 2/3 penduduk Kabupaten Sikka, Potensi listrik 0,1 MW untuk kebutuhan pengelolaan bendungan, Pengembangan sektor pariwisata alam dan pengendalian banjir daerah hilir.

"Ini adalah Mahakarya yang dipersembahkan oleh Bapak Presiden kepada kami dalam upaya pemenuhan hak-hak dasar masyarakat, termasuk upaya penanganan Stunting. Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sikka dari hati yang tulus menyampaikan terima kasih  dan apresiasi yang setinggi-tingginya buat Bapak Presiden.Dengan terbangunnya bendungan ini Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sikka akan lebih giat menggalakan  peningkatan  indeks pertanaman dari 100 menjadi 300 atau tanam 3  kali dalam satu tahun untuk meningkatkan produktifitas pertanian dalam  mendukung ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi nasional. Pada areal lahan kering kami sedang mengembangkan Irigasi Tetes secara digital  untuk mengatur pengairan dan injeksi pemupukan menggunakan HP android yang dikembangkan oleh salah petani milenial,  Saudara Yance Maring. Kegiatan ini juga  yang   mendapat dukungan penuh dari Bapak Gubernur Viktor Laiskodat," ujar Bupati Robby.

Ia mengatakan, dengan keterbatasan yang ada, secara bertahap dan  dengan semangat  memulai mengembangkan Agro Industri secara kawasan melibatkan kabupaten sedaratan Flores dan Lembata untuk mengembangkan industri pengolahan kelapa, kakao, mente dan industri ikan sesuai arahan gubernur sebagai ssalah satu cluster pengembangan ekonomi Flores.

"Di tengah masa pandemi atas dorongan dan dukungan Bapak Gubernur kami masih tetap mengekspor sashimi atau tuna fillet dan katsuobhusi atau  Cakalang kayu yang diekspor ke Jepang dan Korea. Cita-cita kami Kabupaten Sikka menjadi “Gerbang Industri Flores” dengan mengadopsi Solo Teckno Park dan juga sebagai Maritim Industri Ecosystem yang perlu didukung dengan kehadiran pendidikan vokasi yang ada di Kabupaten Sikka yaitu Cristo rey sebagai adopsi ATMI Solo dan Universitas Nusa Nipa  yang usulan penegriannya sudah memenuhi persyaratan dan saat ini sedang menunggu Keputusan Presiden," papar Bupati Robby.

Meski Covid-19 Mendera, Bisnis Keagenan Kapal tak Terganggu

Pemda Kabupaten Nagekeo Usulkan 1.117 Formasi CPNS Tahun 2021

Mengakhiri sambutannya, Bupati Robby membacakan pantun "JARI LENTIK MENGAYUH SAMPAN SAMPAN DIAYUH PERAHU MELINTANG SUDAH GANTENG TAMBAHLAH TAMPAN BAPAK JOKOWI JADI BINTANG".(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved