Breaking News:

Berita NTT Terkini

443 Ribu Lansia di NTT Akan Terima Vaksin Corona Sinovac Awal Maret

Sebanyak 443 Ribu orang lanjut usia (lansia) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan mendapat vaksin Corona Sinovac mulai awal Maret 2021 mendatan

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Lansia di Kelurahan Merdeka Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang saat dikunjungi pada Oktober 2020 lalu.  

Laporan wartawan POS-KUPANG.COM, Ryan Nong 

POS-KUPANG.COM | KUPANG --  Sebanyak 443 Ribu orang lanjut usia (lansia) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan mendapat vaksin Corona Sinovac mulai awal Maret 2021 mendatang. Vaksin bagi lansia itu dilakukan dalam rangkaian vaksin tahap kedua bagi pelayan publik atau pekerja publik bersama TNI-Polri. 

Secara Nasional, pencanangan vaksinasi Covid-19 tahap kedua telah dilakukan pada pada Rabu, 17 Februari 2021 kemarin. Pencanangan ditandai dengan vaksinasi massal pada pedagang pasar di Pasar Tanah Abang, DKI Jakarta,

Berdasarkan keterangan Kemenkes, vaksinasi tahap kedua ini diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang karena profesinya rentan terpapar COVID-19, seperti tenaga pendidik, pelaku pariwisata, petugas pelayanan publik, pekerja transportasi publik, atlet, wartawan, pedagang, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah, aparatur sipil negara, serta anggota TNI-Polri. 

Sekretaris Dinas Kesehatan NTT, David A Mandala menyebut, Pemerintah provinsi NTT telah mengajukan permohonan alokasi vaksin tahap kedua untuk NTT. Ia menjelaskan, target sasaran vaksinasi tahap kedua untuk pelayan publik dan TNI-Polri sebanyak 372.676 orang. Sementara untuk lansia sebanyak 443.412 orang. 

Mandala juga menyebut, sebanyak 391 fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) telah terinput di aplikasi P-Care yang siap sebagai layanan vaksin Covid19. Jumlah itu terdiri dari 362 Puskesmas, 8 Rumah Sakit Daerah (RSUD), 14 Rumah Sakit Swasta, 6 Klinik Pratama dan 1 KKP. 

Provinsi Nusa Tenggara Timur, kata Mandala, dijadwalkan akan mendapat vaksin Corona Sinovac tahap kedua pada awal Maret 2021 mendatang. "Minggu depan rencananya vaksin untuk pelayanan publik didistribusikan dari pusat," kata Mandala kepada POS-KUPANG.COM.

Khusus pelaksanaan vaksin bagi lansia, dalam sambutannya saat peluncuran Mobil Laboratorium Bergerak Surveilans di RSJ Naimata Kota Kupang pada Rabu, 17 Februari 2021 pagi, Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS meminta pemerintah NTT untuk melaksanakan vaksinasi di Kota Kupang terlebih dahulu. Ia bahkan berjanji untuk hadir dalam pelaksanaan vaksinasi itu. 

"Khusus lansia, dilakukan dulu di ibukota provinsi. Itu yang diatas 60 tahun. Pak Gub dan Pak Wagub kita minta dukungan, vaksinasi di pasar saya akan datang," ujar dr. Maxi Rein Rondonuwu secara virtual.  (hh)

 
 

Kapolsek CANTIK Kompol Yuni Terjerat Narkoba, Kapolri TERBITKAN 11 Instruksi kepada Kapolda,PENTING

Pilkada Manggarai Barat: DPRD Gelar Rapat Paripurna

PDIP NTT Minta Parpol Koalisi Matangkan Nama Calon Wakil Bupati

Pelaku Percabulan Anak di Tarus - Kabupaten Kupang Dibekuk Polisi

Lansia di Kelurahan Merdeka Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang saat dikunjungi pada Oktober 2020 lalu. 
Lansia di Kelurahan Merdeka Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang saat dikunjungi pada Oktober 2020 lalu.  (POS-KUPANG.COM/RYAN NONG)
Penulis: Ryan Nong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved