Breaking News:

Dua Alat Penting Harus Ada Saat Isolasi Mandiri Untuk OTG Dan Cara Menggunakannya

Saat melakukan isolasi mandiri, ini dua peralatan penting yang harus disediakan karena isolasi mandiri tidak bisa dilakukan serampangan

Kompas.com/Shutterstock/Khosro
Ilustrasi pasien Covid-19, pasien virus corona, isolasi mandiri. Dua Alat Penting Harus Ada Saat Isolasi Mandiri Untuk OTG Dan Cara Menggunakannya 

Saat melakukan isolasi mandiri, ini dua peralatan penting yang harus disediakan karena isolasi mandiri tidak bisa dilakukan serampangan

POS-KUPANG.COM | JAKARTA - Jika seseorang terpapar Virus Corona dan tanpa gejala atau Orang  tanpa gejala (OTG) maka orang itu cukup menjalani isolasi mandiri di rumah untuk menyembuhkan diri dan mencegah penularan kepada orang lain.

Namun, isolasi mandiri di rumah tidak bisa dilakukan secara serampangan. Ada dua alat yang harus tersedia di rumah untuk isolasi mandiri.

Isolasi mandiri di rumah bisa dilakukan dengan tetap memperhatikan kondisi pasien Covid-19.

Pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri harus mencegah terjadinya pemburukan kondisi kesehatan.

Misalnya, gejala demam atau happy hipoxia, terjadinya penurunan kadar saturasi oksigen pada pasien tanpa disadari bahkan oleh penderita itu sendiri.

Ketika isolasi mandiri karena Covid-19, apa saja yang harus dipersiapkan?

Dokter umum yang juga kandidat PhD bidang Medical Science di Kobe University, dr. Adam Prabata, menyebutkan, setidaknya ada dua perangkat yang esensial untuk disediakan di rumah saat menjalani isolasi mandiri Covid-19.

Dua alat itu adalah pulse oximeter dan termometer.

"Kalau setahu saya yang penting di rumah itu kalau konteksya alat pemeriksaan adalah pulse oximeter dan termometer," kata dr. Adam saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/2/2021).

Halaman
123
Editor: Hermina Pello
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved